,

Kenapa Introvert Mudah Merasa Lelah Di Keramaian?

oleh -132 views
Kenapa introvert mudah merasa lelah di keramaian?

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial, interaksi sosial merupakan hal yang nyaris tidak mungkin dihindari. Namun bagi introvert, interaksi sosial dapat mengurangi kenyamanan. Apalagi saat mereka terjebak dalam situasi yang mengharuskan diri untuk terlibat dalam percakapan panjang dengan banyak orang. Introvert biasanya akan mengalami serangan pusing mendadak bahkan merasa lelah yang berlebihan, kondisi ini biasa disebut introvert hangover. (rsn)

Hmm, kira-kira kenapa introvert mudah merasa lelah di keramaian? Ada yang penasaran nggak? Yuk, kita bahas sama-sama!

Introvert hangover tuh apa sih?

Introvert hangover adalah suatu kondisi lelah, baik secara fisik maupun mental, akibat dari banyaknya aktivitas sosial yang diterima oleh seorang introvert. Seperti pada umumnya, introvert merupakan kepribadian yang mendapatkan energi dalam dirinya sendiri (inner energy).

Introvert juga membutuhkan keseimbangan antara jumlah interaksi sosial serta pasokan dan koneksi rutin ke energi dalam diri. Apabila seorang introvert tidak dapat menyeimbangkan hal tersebut, dia akan merasa lelah dan cemas.

Baca juga : 5 Profesi Yang Mudah Untuk Para Introvert (Part 1)

Pada dasarnya, fungsi otak introvert berbeda dengan ekstrovert. Seorang introvert memiliki hormon dopamin lebih rendah daripada ekstrovert, dan merasa kelelahan jika berada di keramaian terlalu lama.

Berikut beberapa gejala umum yang muncul ketika mengalami introvert hangover :

  • Tidak dapat berpikir dengan jernih
  • Sakit dan lelah secara fisik
  • Merasa terjebak, khawatir dan gugup
  • Memiliki keinginan untuk menyendiri sesegera mungkin
  • Cara berbicara berubah

Baca juga : Jangan Bingung, Berikut Tips Mencari Teman untuk Kalian Para Introvert!

Mengapa bersosialisasi dapat membuat introvert lelah?

Bagi ekstrovert, bersosialisasi merupakan kesenangan tersendiri bahkan hal yang sangat mereka butuhkan. Namun mengapa introvert justru merasa lelah ketika melakukan hal ini? Sebenarnya introvert bukanlah anti-sosial, tapi mereka membatasi sebarapa lama, seberapa jauh mereka ingin terlibat dalam acara sosial.

Pada dasarnya, bersosialisasi merupakan hal yang melelahkan bagi siapapun, bukan hanya bagi introvert saja. Hal ini dikarenakan saat bersosialisasi kita dituntut untuk mendengarkan, berbicara dan memahami hal yang dibicarakan oleh lawan bicara dalam satu waktu. Jika hal ini terjadi dalam waktu lama, otak akan merasa lelah, meski tidak sampai menimbulkan gejala mabuk seperti introvert.

Baca juga : Cara Berjalan Mencerminkan Karakter Seseorang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.