Keren! Indonesia punya Beruang Terkecil di Dunia

oleh -164 views
beruang terkecil di dunia

ZETIZEN RADAR CIREBON- Tahu nggak sih sob, jika negara kita Indonesia memiliki spesies hewan yang masuk kedalam rekor dunia yakni beruang terkecil di dunia? Tidak sedikit orang pastinya belum mengetahui tentang hal ini. Oleh karena ini mimin akan membahasnya.

Spesies beruang tersebut yakni adalah beruang madu atau banyak orang kenal sebagai Malayan Sun Bear. Beruang yang tinggal di Sumatera dan Kalimantan ini merukan satu-satunya beruang yang ada di Indonesia lho sob.

Jika pada umumnya beruang mempunyai ukuran tubuh yang mencapai 2,5 meter. Beruang madu ternyata hanya memiliki ukuran tubuh mencapai 1,7 meter. Hal tersebut menjadiakknya sebagai beruang terkecil di dunia.

Namun walaupun memiliki tubuh yang kecil, ternyata ia mempunyai lidah yang sangat panjang yang mencapai 25 cm. Hal tersebut berfungsi untuk ia gunakan untuk mengambil madu dari sarang lebah di pepohonan. Selain itu, lidah panjangnya tersebut ia gunakan untuk menangkap serangga kecil di batang pohon.

Berapa Jenis Beruang di Dunia Saat Ini? | Kafe Kepo |
Source by Kafe Kepo

Tidak hanya menggunakan lidah, ia juga memanfaatkan cakar dan penciuman yang sangat tajam untuk membantunya ketika mencari makanan.

Selain itu, spesies beruang asal Indonesia ini memiliki kecepatan gerak yang tinggi yakni mencapai 48 kilometer per jam. Ia juga memiliki kekuatan yang terbilang sangat kuat.

Sayangnya, menurut IUCN atau International Union for Conservation of Nature, keberadaan hewan yang mempunyai nama latin helarctos malayanus ini kian menurun. Saat ini, IUCN mengkategorikan hewan tersebut VU atau Vulnerable.

Keren, Kamu Bisa Bermain Alat Musik di YouTube Hanya dengan Keyboard

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *