Makanan yang Mengatasi Insomnia (Bagian 1)

oleh -120 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita dapat berpengaruh ke dalam kesehatan dan kualitas tidur. Bagi sebagian orang, sulit rasanya untuk tidur dan mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan mengubah pola makan lebih baik. Ada beberapa makanan yang mengatasi insomnia, namun gangguan tersebut tidak langsung hilang. Tetapi, tidak ada salahnya kamu mencoba makanan di bawah ini. (tika)

1. Ikan

Ikan terkenal kaya akan kandungan protein di dalamnya. Selain itu, ternyata ikan mengandung vitamin B6 yang dapat membantu kamu mengatasi insomnia. Vitamin B6 ini berperan membantu pembentukan melatonin dan serotonin untuk menjaga keseimbangan kualitas tidur. Produksi melatonin ini umumnya menjelang malam hari,, tetapi ada beberapa ikan yang merangsang pembentukan melatonin lebih awal sehingga lebih cepat mengantuk.

2. Daging ayam

Melansir dari hellosehat, ada sebuah penelitian dari American Sleep Association yang mengatakan bahwa daging ayam bisa membantu membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini karena daging ayam mengandung triptofan, yaitu asam amino esensial yang tidak dapat di produksi oleh tubuh dan diperoleh dari makanan. Triptofan ini berperan dalam produksi serotonin, melatonin dan B6 yang dapat memberikan rasa rileks dan mengatur siklus tidur.

3. Buah-buahan

Selanjutnya buah-buahan juga bisa kamu konsumsi untuk mengatasi insomnia lho. Buah yang mengandung melatonin seperti nanas, kiwi dan jeruk. Cobalah untuk mengonsumsi dua buah beberapa jam sebelum tidur selama satu bulan. Maka kamu akan mendapatkan durasi tidur yang lebih lama hingga sekitar satu jam. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan tersebut agar terhindar dari insomnia.

4. Almond

Kacang almond juga termasuk makanan sebagai sumber melatonin. Selain itu, almond juga mengandung berbagai mineral seperti magnesium. Mengonsumsi satu butir almond bisa mencukupi kebutuhan magnesium sekitar 19% per harinya. Nah magnesium ini dapat membuat tidur lebih nyenyak karena daapat meredakan peradangan paada tubuh. Serta, mineral pada almond juga dapat mengurangi hormon kortisol penyebab stres yang sering mengganggu tidur pada malam hari.

Nah, itulah makanan yang mengatasi insomnia, yang bisa kamu konsumsi agar mendapat kualitas tidur menjadi lebih baik.

Baca juga:

Cara Reapply Sunscreen yang Tepat

Rekomendasi Masker Untuk Kulit Kusam (Bagian 1)

Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.