Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali

oleh -161 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ketika makanan tidak habis, seringkali kita menyimpannya dan memakan di lain waktu. Selain, praktis kamu juga bisa menghemat pengeluaran. Namun, ada beberapa makanan yang apabila di panaskan berbahaya bagi kesehatan dan bisa menghasilkan zat beracun. Kebiasaan ini dapat berdampak buruk untuk kesehatan kita. Nah, oleh karena itu yuk langsung saja kita bahas apa saja makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali. (tika)

1. Nasi

Tahukah kamu nasi yang dipanaskan ulang tidak baik untuk kesehatan. Hal ini menurut FSA, memanaskan kembali nasi dapat mengalami keracunan makanan. Penyebabnya adalah bakteri Bacillus cereus pada nasi yang dapat memproduksi zat toksin (spora) ketika memanaskannya kembali. Jadi, kalau kamu masih melakukan ini, hentikan ya.

2. Telur

Telur memgandung banyak protein di dalamnya. Namun, makanan yang satu ini tidak boleh di panaskan kembali. Hal ini karena kandungan nitrogen pada telur dapat membuat teroksidasi. Oksidasi nitrogen dapat menyebabkan timbulnya kanker apabila sering mengonsumsinya serta dalam jumlah yang banyak.

3. Kentang

Kentang selain mudah untuk di simpan juga seringkali di panaskan ulang. Sayuran yang satu ini memiliki banyak vitamin, seperti vitamin C, vitamin B6 dan kalium. Namun, hentikan kebiasaan untuk memanaskannya berulang kali. Hal ini karena dapat membuat kentang memproduksi bakteri Clostridium botulinum yang dapat membuat keracunan.

4. Bayam

Walaupun bayam mengandung banyak sekali vitamin dan mineral, namun juga bayam mengandung nitrat. Apabila kamu menghangatkan bayam maka nitrat di dalamnya akan berubah menjadi zat toksik. Serta dapat melepaskan berbagai zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. Tak hanya itu, kandungan zat besi nya juga dapat teroksidasi dan dapat berubah menjadi radikal bebas.

Nah, itulah makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali ya.

Baca juga:

Ini Buah yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Ini Manfaat Beeswax Untuk Kesehatan

Rekomendasi Hand Cream Untuk Melembapkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.