Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

oleh -155 views
source: creativmarket.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tentu kamu sudah tahu kalau pepaya adalah buah yang bermanfaat salah satunya untuk melancarkan pencernaan. Masyarakat di Indonesia pasti tidak asing dengan buah yang satu ini. Buah pepaya memiliki tekstur yang lunak dan rasa yang manis. Namun, tahukah kamu kalau biji pepaya juga bermanfaat untuk kesehatan. Yuk kali ini kita bahas manfaat biji pepaya untuk kesehatan. (tika)

1. Melindungi fungsi ginjal

Siapa sangka biji pepaya ini bermanfaat untuk melindungi fungsi ginjal. Ginjal berperan sebagai filter untuk membuang limbah dan kelebihan cairan dari tubuh. Melansir dari kompas.com, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak biji pepaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel serta melindungi kesehatan ginjal. Kandungan antioksidan yang tinggi juga bisa mrnghambat kerusakan sel-sel ginjal dan menjaga fungsinya.

2. Melawan infeksi

Ternyata biji pepaya juga dapat membantu melawan infeksi lho. Ada sebuah penelitian yang mengatakan ekstrak biji pepaya efektif melawan tiga strain jamur. Selain itu, ada juga penelitian yang mengemukakan bahwa meminum obat dari biji pepaya kering dan madu dapat membantu membunuh parasit di usus secara efektif. Mengonsumsi ekstrak biji pepaya dan madu efektif membunuh parasit yang bertempat tinggal di usus sehingga kinerjanya menjadi lebih baik.

3. Menjaga kesehatan hati

Selanjutnya, manfaat biji pepaya yang perlu kamu ketahui yaitu biji pepaya bermanfaat menjaga kesehatan hati. Hal ini karena biji pepaya memiliki kandungan nutrisi yang efektif menyembuhkan sirosis atau kerusakan hati kronis. Biji pepaya juga bisa berperan sebagai detoks alami untuk hati. Kamu bisa mengonsumsinya dengan menumbuk 5-6 biji pepaya kemudian masukkan ke dalam makanan atau jus. Cobalah untuk rutin mengonsumsi setidaknya dua kali sehari selama satu bulan.

4. Menjaga fungsi pencernaan

Sama seperti buah pepaya, biji pepaya juga membantu menjaga fungsi pencernaan. Biji pepaya juga mengandung serat yang membantu melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, selain pencernaan yang sehat kamu juga terhindar dari masalah-masalah pencernaan, seperti radang usus, mencegah luka usus, hingga wasir.

Nah, itulah manfaat biji pepaya untuk kesehatan yang bisa kamu coba agar merasakan manfaatnya. Namun, jangan konsumsi berlebihan ya karena walaupun memiliki manfaat, biji pepaya juga memiliki efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Baca juga:

Ini Buah yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Cara Mengatasi Kulit Kusam

Ini Serum Lokal Berbahan Dasar Bakuchiol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.