,

Manfaat Siwak, Kamu Sudah Tahu?

oleh -142 views
Manfaat siwak

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kebanyakan orang biasanya membersihkan gigi menggunakan sikat dan pasta gigi. Tapi, Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita untuk membersihkan gigi dengan siwak atau miswak.

Nah, sobat zetizen sudah tahu belum sih, apa saja manfaat siwak? Ternyata banyak banget lho manfaatnya! Bagi yang belum tahu keep scrolling it, guys! (rsn)

Siwak itu apa?

Siwak atau miswak (dalam bahasa Arab) adalah ranting atau batang dari pohon Salvadora Persica yang juga biasa disebut “pohon sikat gigi”. Umumnya batang miswak berukuran kecil, mirip ranting, dan berwarna coklat muda.

Ranting miswak diperkirakan sudah dipergunakan untuk membersihkan dan merawat gigi serta mulut sejak zaman peradaban awal Arab, Yunani, dan Romawi Kuno.

Baca juga : Ini Waktu yang Tepat Untuk Tes COVID-19

Meskipun tanamannya berasal dari tanah kering bergurun seperti di negara-negara semenanjung Arab, miswak bisa juga ditemukan di daerah lain. Umumnya pohon miswak ini masih bisa ditemui di negara Tanzania, di dataran pasir yang memiliki mata air di tengah-tengahnya (oasis), dan di padang rumput sabana.

Manfaat Siwak

Tidak hanya leluhur saja yang melestarikan siwak. Bahkan WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia turut merekomendasikan masyarakat dunia menggunakan batang pohon ini untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak tahun 1987.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dengan rutin membersihkan gigi menggunakan siwak :

1. Mencegah karang dan plak gigi

Plak terjadi saat bakteri tumbuh dan berkembang biak pada gigi dan gusi. Plak yang menumpuk akan membentuk karang gigi yang biasanya berwarna kuning menempel di gigi dan gusi.

Untuk mencegahnya, kita bisa membersihkan gigi dan gusi dengan menggunakan siwak. Kandungan antibakterinya dapat mencegah bakteri tumbuh dan berkembang biak di gigi dan gusi.

2. Mencegah gigi rusak

Kerusakan gigi terjadi ketika enamel gigi mengalami kerusakan. Ini terjadi biasanya karena bakteri yang ada di rongga mulut menggunakan pati dan gula yang ada dalam makanan untuk menghasilkan asam yang menghilangkan enamel.

Sementara itu kandungan flouride dalam siwak dapat memerangi kerusakan gigi. Siwak juga bisa memperkuat enamel gigi berkat kandungan natrium klorida, natrium bikarbonat, dan kalsium oksida.

3. Melawan bakteri

Banyak penelitian yang dilakukan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menemukan bahwa siwak telah terbukti mengandung sejumlah senyawa antibakteri alami yang secara aktif melawan pertumbuhan bakteri di rongga mulut.

Baca juga : Manfaat Makan Telur Rebus Di Pagi Hari

Orang yang bersiwak secara teratur lebih sedikit mengalami masalah kesehatan rongga mulut dibandingkan mereka yang hanya menggunakan sikat dan pasta gigi.

4. Mencegah bau mulut

Bau mulut secara medis dikenal dengan halitosis, penyebabnya mulai dari makanan hingga adanya penyakit gigi dan gusi. Kurangnya air liur juga dapat menyebabkan bau mulut.

Selain menyikat gigi, manfaat siwak selanjutnya adalah untuk mencegah bau mulut tidak sedap. Kayu siwak mengandung antibakteri alami yang sifatnya meningkatkan produksi air liur, sehingga efektif untuk mencegah bau mulut.

5. Menyegarkan mulut

Manfaat lain menggunakan siwak adalah rasa dan aroma menyegarkan dari rongga mulut. Ini karena ada senyawa aromatik pada siwak yang mudah menguap secara alami. Setelah bersiwak, pasti ada perasaan bersih dan napas segar seperti menggunakan obat kumur.

6. Anti kanker dan analgesik alami

Selain memiliki manfaat untuk kebersihan dan kesehatan rongga mulut, siwak ternyata memiliki antioksidan seperti peroksidase, katalase, dan hadir polifenoloksidase yang disebut-sebut sebagai antikanker.

Siwak juga memiliki bahan aktif yang bersifat analgesik atau penghilang rasa sakit yang dapat membantu mengatasi peradangan dan rasa sakit, terutama di gusi.

Baca juga : Kecerdasan Manusia Berjenis Jenis!? Simak Infonya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.