Mengenali Tentang Jenis-Jenis Kebohongan

oleh -53 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hampir setiap dari kita melakukan ‘kebohongan’ ketika baru pertama kali bertemu dengan seseorang, saat di mana kita berusaha untuk menampilkan diri sebaik-baiknya. Hal ini sebenarnya tanpa sadar kita lakukan sebagai cara agar kita dapat ‘hidup bersama’ dengan orang sekitar tanpa menyinggung perasaan mereka secara langsung. (herdi)

Karena harus di akui bahwa kita dan orang sekeliling kita seringkali lebih suka mendengar kebohongan yang halus daripada mendengar kebenaran yang pahit. Agar lebih peka terhadap jenis kebohongan yang mungkin kita dan orang sekitar lakukan entah dengan sadar atau di sengaja. Berikut ini adalah beberapa jenis kebohongan yang seringkali di lakukan dalam aktifitas sehari-hari.

1.White Lies

White lies atau “bohong putih” Adalah kebohongan yang tidak bermaksud merugikan orang lain atau kalimat-kalimat bohong dengan tujuan baik. Sebagai contoh seorang Ibu yang memuji anaknya agar tidak menjadi pribadi yang rendah diri.

Kebohongan putih bisa saja “menjebak” kita jika terlalu sering di lakukan. Karena kita bisa mengiyakan tanpa mengoreksi sesuatu yang salah.

2.Beautiful Lies

Beautiful lies atau “kebohongan cantik” Adalah kebohongan yang di tata dengan kalimat yang indah dengan tujuan tersembunyi, atau  ingin mengambil keuntungan dari orang lain. Contohnya rayuan kepada lawan jenis, memuji atasan untuk naik jabatan atau yang cukup sering di lakukan oleh seorang sales dengan memuji calon pembeli agar tertarik untuk membeli produk.

3.Self Lies

Self lies merupakan kebohongan yang sering kita lakukan dengan memanipulasi keadaan diri sendiri, bisa karena ingin menghindari rasa tidak nyaman akan sesuatu. Contohnya adalah kalimat “nggak apa-apa kok” dan “Aku baik-baik saja” Bisa saja ini berupa ‘Self talk’ positif untuk menipu keadaan diri dan membuat suasana menjadi lebbih baik.

4.Half Truht

Half truth merupakan kebohongan yang di lakukan dengan cara menyimpan sebagian informasi yang di rasa merugikan pribadinya. Contohnya menceritakan kejadian yang tidak secara utuh dan menyeluruh atau pura-pura tidak paham sesuatu.

5.Compulsive Lies (Mythomania)

Mythomania merupakan kebohongan yang di lakukan dengan tujuan ingin memperoleh penerimaan dan juga rasa aman biasanya pelakunya adalah orang yang ingin mendapat  perhatian dan ingin popular.

Ia sering membuat kebohongan dan melebih-lebihkan sesuatu yang membanggakan diri nya, mencari kesan baik atau malah pura-pura menjadi korban kejahatan dan menciptakan kejadian dramatis.

6.Patological Lies (Sociopath)

Merupakan kebohongan yang sudah menjadi bagian dari diri seseorang dan cenderung tidak merasa bersalah ketika ia berbohong. Ciri pribadinya adalah manipulative, egois, dan kurangnya berempati terhadap orang lain. Jika kamu bertemu dengan ciri pribadi yang seperti ini, sebaiknya menghindari saja.

Above all don’t lie to yourself. The man who lies to himselfand listens to his own lie comes to a point that h cannot distinguish the truht within him, or around him, and so loses all respect for himself and for others. And having no respect he ceases to love

~ Fyodor Dostoyevsky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *