,

Minuman Untuk Menghindari Rasa Kantuk Saat Belajar

oleh -71 views
Minuman Untuk Menghindari Rasa Kantuk Saat Belajar

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernah nggak sih kalian saat belajar tiba-tiba merasa ngantuk? Kalau pernah, kalian wajib tahu minuman-minuman dibawah ini yang dapat membuatmu terhindar dari rasa kantuk. Untuk bisa fokus belajar, kita harus merasa segar dan terhindar dari rasa kantuk. Berikut beberapa minuman untuk menghindari rasa kantuk saat belajar. (rsn)

1. Kopi

Minuman yang pertama yaitu kopi yang merupakan nootropik yang paling banyak dikonsumsi. Sebuah ulasan mencatat bahwa kafein dapat meningkatkan fokus, kewaspadaan, dan memori dalam dosis 40-300 mg, setara dengan sekitar 0,5-3 cangkir (120-720 ml) kopi.

2. Teh Hijau

Kandungan kafein pada teh hijau jauh lebih rendah daripada kopi. Namun, teh hijau menawarkan dua senyawa nootropik yang menjanjikan, I-theanine dan epigallocatechin gallate (EGCG).

Studi menunjukkan, I-theanine dapat meningkatkan relaksasi dan pengonsumsian dengan kafien dapat meningkatkan kewaspadaan. Penelitian yang dilakukan menemukan bahwa teh hijau secara keseluruhan dapat mendukung fokus, perhatian, dan memori.

3. Teh Herbal

Teh herbal dapat membantu memberikan dorongan kepada otak. Adapun teh herbal termasuk sage, gingko biloba, ashwagandha, ginseng, dan rhodiola.

  • Sage, ramuan ini dapat mendukung memori dan suasana hati.
  • Ginseng, beberapa bukti mendukung penggunaan ginseng yang mempunyai sifat pelingdung saraf dan meningkatkan fungsi otak.
  • Gingko biloba, sebuah tinjauan yang dilakukan pada lebih dari 2.600 orang, ditemukan bahwa tanaman ini dapat meredakan gejala penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif ringan.
  • Rhodiola, tanaman ini dapat membantu meningkatkan kelelahan mental dan fungsi otak.
  • Ashwagandha, ramuan nootropik yang populer ini dapat melindungi dari penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

4. Jus Jeruk

Jus jeruk kaya akan vitamin C, di mana memungkinkan menawarkan manfaat pelindung saraf. Sebuah ulasan penelitian pada manusia mengungkapkan, orang yang memiliki kadar vitamin C lebih tinggi, dilaporkan memiliki fokus dan memori lebih baik daripada yang memiliki tingkat asupan lebih rendah.

Namun, kerugian dari jus jeruk manis lebih besar dibandingkan manfaatnya, di mana jauh mengandung jumlah kalori yang lebih tinggi daripada buah utuh.

5. Jus Blueberry

Minuman selanjutnya adalah jus Blueberry. Blueberry kaya akan senyawa tanaman polifenol yang dapat memberikan manfaat peningkatan fungsi otak. Antosianin, antioksidan yang memberi warna ungu kebiruan pada buah ini, mempunyai peran di dalamnya. Sebuah studi menemukan efek positif yang melibatkan ingatan jangka pendek dan jangka panjang lebih baik.

6. Green Smoothies

Selanjutnya minuman untuk menghindari rasa kantuk saat belajar adalah jus hijau. Jus hijau menggabungkan buah-buahan dan sayuran hijau seperti kangkung, bayam, timun, apel hijau, dan serai. Smoothies hijau juga mengandung bahan-bahan seperti alpukat, yogurt, atau pisang untuk menambah rasa lembut dan nutrisi.

Jus atau smoothies hijau yang berpotensi meningkatkan fungsi otak sangat bergantung pada bahan-bahannya. Minuman ini seringkali kaya akan vitamin C dan antioksidan bermanfaat lainnya.

Baca juga : Minuman Tradisional Menyehatkan Tubuh, Sudah Coba?

Sumber : kompas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.