Mirip Apple, Kini Google Izinkan Penggunanya Matikan Fitur Lacak Ponsel

oleh -218 views
Apple Fitur

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apple telah membuat perubahan signifikan dengan iOS 14.5, dimana pada versi tersebut, mereka merilis fitur App Tracking Transperency(ATT). (mrg)

Fitur itu berfungsi untuk mengizinkan pengguna menentukan aplikasi mana saja yang dapat melihat dan merekam aktivitas untuk tujuan periklanan online.

Dengan fitur ini, pengembang aplikasi harus meminta izin kepada pengguna untuk melacak informasi pengguna untuk iklan yang dipersonalisasi.

Baca juga : Update iOS 14.6 Dikeluhkan Pengguna iPhone Dikarenakan Boros Baterai

Perubahan yang dilakukan oleh Apple ini dimaksudkan untuk memberikan lebih banyak privasi dan transparansi kepada pelanggannya dalam hal pengumpulan data.

Google kemudian mengikuti jejak Apple untuk merilis fitur ini namun dengan mekanisme yang berbeda dari apa yang dilakukan oleh Apple.

Google akan merilisnya melalui Android 12, dimana mereka akan memanfaatkan advertising ID yang terdapat pada Google Play.

Baca Juga : Sam, Sosok Karakter Virtual Milik Samsung Kini Viral di Dunia Maya!

Untuk diketahui jika advertising ID adalah sebuah kode yang dimiliki oleh pengguna yang bersifat unik. Sehingga, bisa juga disebut sebagai pelacak aktivitas pengguna di ponsel Android.

Nantinya, dengan dirilisnya fitur ini pengguna akan memiliki opsi untuk opt out alias tak lagi dilacak untuk kepentingan iklan yang dipersonalisasi saat menggunakan aplikasi.

Menurut laman dukungan Google mengenai ID Iklan, perubahan akan dimulai pada akhir 2021 pada perangkat yang menjalankan Android 12. Serta pada awal 2022 untuk semua perangkat yang mendukung Layanan Google Play.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.