Mitos Seputar Jerawat yang Tak Perlu Kamu Percaya

oleh -115 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pasti kamu pernah dengar kalau sedang timbul jerawat katanya sedang jatuh cinta itu salah satu mitos tentang jerawat. Jerawat adalah masalah kulit yang ukuran tidak terlalu besar namun terasa mengganggu dan membuat tidak percaya diri. Kali ini kita akan membahas mitos seputar jerawat yang tidak perlu kamu percaya. (tika)

1. Jerawat karena jatuh cinta

Ada yang bilang kalau jerawat artinya seseorang sedang jatuh cinta. Hal ini hanya mitos ya guys. Jerawat dan jatuh cinta tidak adaa hubungannya. Adanya mitos ini karena timbulnya jerawat bersamaan dengan awal-awal masa pubertas. Nah, pada masa puber ini hormon remaja sedang banyak mengalami perubahan.

2. Cokelat dan makanan berminyak memperparah jerawat

Cokelat dan makanan berminyak sampai saat ini belum terbukti menjadi faktor yang memperparah jerawat. Makanan yang paling dikaitkan dengan jerawat adalah makanan yang mengandung karbohidrat atau gula yang tinggi. Jadi, kamu tak perlu percaya mitos ini ya, namun tetap pola makannya harus di jaga dan tidak oleh berlebihan.

3. Memencet jerawat dapat mempercepat penyembuhan

Memencet jerawat atau menekan dengan paksa menggunakan tangan justru bukan mempercepat penyembuhan. Namun, akan menyebabkan peradangan dan terlihat semakin buruk. Dengan kamu memencet jerawat juga akan meninggalkan bekas yang sulit hilang. Sebaiknya kamu hindari kebiasaan menyentuh dan memencet jerawat. Cukup cuci muka dua kali sehari, menggunakan obat totol atau acne patch.

4. Jerawat di area tertentu memiliki arti khusus

Mitosnya kalau jerawat di dagu artinya ada yang kangen, dan ada juga mitos tentang arti khusus sesuai letak jerawat. Namun, ini hanyalah mitos karena jerawat bisa terjadi karena banyak faktor. Faktor-faktor penyebab jerawat antara lain karena tersumbatnya kotoran, minyak berlebih, peradangan atau infeksi.

5. Obat jerawat membuat ketergantungan

Memakai obat jerawat mitosnya membuat kulit menjadi ketergantungan. Oleh karena itu, banyak orang yang merasa cemas ketika ingin menggunakan obat jerawat. Padahal, obat jerawat tidak memicu ketergantungan, dan justru bisa mencegah timbulnya jerawat. Namun, pencegahan dengan obat jerawat juga harus diiringi dengan gaya hidup sehat. Rajinlah untuk mengonsumsi buah dan sayur, hindaari stres serta minum air yang cup.

Nah, itulah mitos seputar jerawat yang tidak perlu kamu khawatirkan.

Baca juga:

Istilah Dalam Skincare yang Perlu Kamu Tahu (Bagian 2)

Rekomendasi Sunscreen Spray Untuk Wajah dan Tubuh

Cara Mengatasi Kulit Kusam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.