Near, Kreator Emulator SNES Dikabarkan Bunuh Diri

oleh -169 views
Near SNES

ZETIZEN RADAR CIREBON – Console tak dapat hidup selamanya. Teknologi terus bergerak maju dan akan ada saat dimana produsen console harus berhenti produksi sistem lama dan beralih ke sistem baru. Hal ini membuat emulator menjadi program yang sangat penting. Di satu sisi memang mendorong pembajakan, namun menjadi satu-satunya solusi alternatif untuk terus hidupkan game-game klasik. (mrg)

Near, atau sebelumnya dikenal sebagai byuu, merupakan developer yang kembangkan Bsnes (kemudian berganti nama menjadi Higan) – program emulasi populer untuk jalankan ROM Super Nintendo Entertainment System (SNES). Program yang ia kembangkan menjadi program dengan emulasi paling akurat dari emulator lain. Perannya sangatlah besar pada komunitas game retro, dan sayangnya kabar duka tiba. Near dikabarkan telah meninggal dunia dengan bunuh diri.

Baca juga : Yve Tutorial Guide Untuk Kamu yang Masih Pemula!

Menurut kabar dari teman dekatnya yang kemudian dibagikan oleh Hector Martin di Twitter, kematian Near merupakan dampak dari gangguan mental yang ia alami akibat bully dan usikan oleh komunitas forum online Kiwi Farms. Forum tersebut dikenal akan diisi oleh orang-orang yang toxic dan sering menyerang orang dengan spektrum autisme. Near yang juga seorang non-binary menjadi target mudah oleh perkumpulan forum tersebut.

Sempat Menulis Pesan Sebelum Bunuh Diri

Near juga sempat curhatkan perasaannya lewat Twitter sebelum memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Ia menjelaskan bahwa anggota Kiwi Farms tak hanya merundungnya, tetapi juga telah melakukan doxxing, menyerang dan memancing untuk lakukan bunuh diri tak hanya kepadanya tetapi juga ke teman-teman yang ia kenal. Semua itu hanya untuk mendapatkan reaksi yang mereka inginkan dari Near. Ia merasa tak punya apa-apa lagi dan hanya dapat berharap bakal ada tindakan terhadap situs tersebut usai kepergiannya.

Near telah menyempurnakan program emulatornya hingga mencapai titik dimana 1200 game bisa dimainkan dengan visual yang akurat di tiap pixel. Dia juga berperan dalam proyek translasi beberapa game diantaranya ialah Mother 3 dan Bahamut Lagoon yang dimana kedua game terkenal akan tak pernah rilis di luar Jepang.

Peran Near dalam melestarikan game klasik Nintendo sangatlah besar terhadap komunitas penggemar game retro. Memang secara teknis tindakannya tidak legal dan dapat dicap sebagai pembajakan. Namun lagi-lagi, semua game dari console tersebut sudah tidak diproduksi lagi, membuatnya langka dan naik harga. Bahkan jika dibeli, tak sepeser pun uang menuju developer dari game tersebut. Tersebarnya rom dari semua game yang ada di generasi tersebut memastikan fans dan pendatang baru untuk dapat terus memainkan judul-judul klasik tersebut.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.