,

Problem Solving Skill untuk Pemula

oleh -230 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Nggak bisa dipungkiri bahwa hidup manusia selalu dipenuhi oleh masalah, baik itu besar maupun kecil. Mulai dari bangun kesiangan sampai nilai ujian yang selalu merah, masalah yang kamu hadapi setiap hari bisa sangat beragam. Ngerjain soal integral yang ngejelimet banget pun termasuk masalah, bukan? (az)

Lalu, gimana sih caranya menyelesaikan masalah? Simak penjelasannya di artikel ini, ya!

Langkah 1: Pahami situasinya

Tak kenal maka tak sayang’, ini juga berlaku saat menyelesaikan masalah, karena kamu perlu mengenali masalah yang sedang kamu hadapi. Hanya memahami sampai tahap “Masalah gue adalah nilai matematika yang jelek” itu nggak cukup, dan nggak ngasih ide solusi yang akurat. 

Untuk memahami situasi, kamu bisa membuat dugaan tentang kenapa nilaimu bisa jelek. Apakah karena waktu belajar yang kurang, atau materi belajar yang nggak tepat? Simpan semua pertanyaan dugaan ini karena itu akan di jawab di langkah berikutnya.

Baca juga: 4 Alasan Penting Harus Mengembangkan Soft Skill!

Langkah 2: Ketahui akar permasalahannya

Selanjutnya, kamu perlu melakukan verifikasi terhadap dugaan yang kamu buat sebelumnya. Sejauh ini, berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk belajar? Apakah ada materi spesifik yang bikin nilaimu turun?

Menjawab pertanyaan ini akan menghasilkan solusi yang akurat terhadap permasalahanmu. Penyebab yang beda membutuhkan solusi yang juga berbeda, setuju nggak?

Langkah 3: Buat perencanaan yang efektif

Definisi efektif di sini adalah: ‘perencanaan yang sesuai dengan akar permasalahan’. Misalnya, jika sebelumnya kamu sudah mengalokasikan waktu belajar 5 jam sehari, mungkin menambah jam belajar bukan solusi yang efektif. 

Namun setelah kamu perhatikan di ujian sebelumnya, kamu hanya nggak paham di bagian trigonometri aja, sedangkan materi lain masih dapat dimaklumi. Jika begitu, berarti solusi yang efektif adalah mengoptimalkan waktu belajar 5 jam-mu dengan fokus belajar pada materi tersebut. Masuk akal, ‘kan?

Langkah 4: Eksekusi!

Setelah membuat rencana yang efektif berdasarkan akar permasalahan, saatnya dipraktekin secara konsisten! Sama aja, ‘kan, kalau kamu udah bikin rencana yang efektif dan bagus, tapi nggak dijalanin secara rutin. Rencana yang baik adalah rencana yang direalisasikan, jadi jangan remehin langkah ini!

Meskipun terdengar sederhana, kemampuan menyelesaikan masalah sangat penting untuk dikuasai. Nggak hanya kamu bisa mengatasi masalah di hidupmu, tapi juga masalah orang lain, atau bahkan masalah di sekitar lingkunganmu. Itu kenapa kemampuan ini sangat diperlukan saat kamu sudah kerja nanti. Semangat terus, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.