Sedang Depresi? Ini Dia 4 Cara Melakukan Self Healing

oleh -85 views
self healing

ZETIZEN RADAR CIREBON – Self Healing adalah sebuah metode terapi yang dilakukan oleh diri sendiri dalam rangka membebaskan diri dari beban psikologis, maupun membantu dalam menyembuhkan penyakit fisik. (herdi)

Perlu kita sadari bahwa banyak penyakit fisik yang disebabkan oleh permasalahan psikologis, dan ketika kita menghadapinya kita seringkali mencari “jalan ke luar” padahal banyak manfaat yang bisa didapatkan pada saat kita memusatkan perhatian diri dan mencari “jalan ke dalam” karena pada dasarnya tubuh dan pikiran kita bisa menyembuhkan diri sendiri ketika kita menggunakan metode yang tepat.

Ini dia 4 cara yang bisa kita lakukan untuk Self Healing!

1.journaling

Menulis adalah salah satu cara kita dalan berkomunikasi diri sendiri, teknik ini juga meruapakan salah satu self therapy yang banyak digunakan dan efektif hingga saat ini.

Kamu bisa menuliskan setiap kegelisahan, emosi yang kamu rasakan, serta kejadian yang kamu alami. Lakukan dengan menggunakan kertas dan alat tulis agar setiap emosi dapatt tersalurka dengan baik. Menulis jurnal secara rutin bisa membuat kita memperhatikan perkembangan emosi dan pemulihan diri secara baik.

2.Ekspresi seni

Selain menulis,  seni juga salah satu cara menerjemahkan setiap kegelisahan yang kita alami, apalagi hal tersebut bisa menjadi karya. Berapa banyak lagu, lukisan, tarian, dan film yang tercipta dari keresahan penciptanya? Kamu juga bisa menciptakan karya dari sini.

Pilihlah aktifitas seni yang kamu sukai, bisa denga bermusik, menulis lagu, bernyanyi, melukis, menari, bahasa tubuh, berkomedi, dan lainnya.

Bahkan kegelisahan kamu bisa juga dijadikan konten kreatif yang mungkin saja bermanfaat untuk orang lain.

3.Luangkan Waktu Dengan Mereka yang Penting Bagi Hidupmu

Menurut buku “The Blue Zones: Lessons for Living Longer from the People who’ve Lived the longest” yang meneliti lima daerah dengan penduduk berumur panjang dan memiliki kualitas hidup yang baik. Selain makanan sehat, rahasia sebagian besar orang bisa mengelola  emosi dan stres mereka adalah terkoneksi atau menjalim hubungan yang berkualitas dengan orang orang yang penting bagi diri mereka.

Mulailah ambil waktu khusus untuk setidaknya beraktifitas dengan mereka yang kamu sayangi. Dengan begitu kualitas hidupmu juga akan meningkat secara baik.

4.Memperdalam Kecerdasan Emosi dan Spiritual

Dimensi kecerdasan sangatlah beragam, tidak hanya intelektual saja. Kecerdasan emosi dan spiritual bisa sangat membantu untuk kita dalam pemulihan diri sendiri.

Cari tahu lebih banyak mengenai kecerdasan emosi, latih diri untuk mengenali berbagai emosi dan mengelolanya secara ideal, dengan begitu kita akan memahami mengenai diri sendiri dan setelahnya bisa pula memahami orang lain.

Kita juga perlu terkoneksi dengan spiritualitas diri yang bisa dilakukan melalui meditasi, berdoa, beribadah, dan berbagai hal yang kita percayai. Ini juga adalah salah satu cara pemulihan diri yang sampai sekarang efektif dilakukan.

.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.