Teknik Bertanya Untuk Mengungkap Kebohongan

oleh -89 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagaimana cara mengetahui kejujuran dari perasaan sesorang? Menurut riset psikologi komposisi kata kata hanya kurang dari 10% mewakili apa yang benar-benar di rasakan, jadi apa yang harus kita amati dalam mendeteksi perasaan, emosi, bahkan kejujuran sesorang? (herdi)

Dengan bahasa tubuh! Komunikasi visual dan non-verbal yang mewakili 93% dari komunikasi manusia .

Mengenali emosi diri dan orang lain adalah salh satu cara untuk dapat berkomunikasi efektif, mengubah diri, serta meminimalisir konflik yang mungkin ada.

Dunia ini penuh dengan drama-drama sebagian besar dari kita memiliki keingintahuan untuk mengetahui bahwa mengungkap kebohongan yang mungkin orang lain lakukan. Entah itu pasangan, teman, bahkan rekan kerja sekalipun.

Nah! Berikut ini adalah sejumlah teknik yang bisa kamu gunakan untuk bertanya langsung kepada lawan bicaramu dalam rangka mengungkapkan hal yang di sembunyika, menggali  informasi maupun mencari tahu kebenaran akan sesuatu hal.

Teknik yang diberikan kali ini merupakan penyederhanaan dari Teknik Wawancara Investigatigatif yang biasanya dipergunakan dalam penyelidikan kasus kriminal dan juga Teknik Cold Reading yang biasanya digunakan untuk mind reading oleh para mentalist maupun sales.

Yuk pahami dan coba lakukan beberapa Tekniknya!

Teknik Shootgun

di mana kita mengajukan pertanyaan yang tidak terduga dan dalam kondisi yang tidak terduga juga. Teknik ini efektif membuat seseorang ”Terkejut” sehingga menampilkan kebocoran emosi. Seseorang yang tidak siap menjawab akan kebingungan dan inilah saat yang tepat untuk kita mencari tahu lebih dalam.

Contoh : Dalam kondisi santai tenyakan dengan tiba-tiba sesuatu yang sensitif yang ingin kamu ketahui, buatlah lawan bicaramu seperti bebas dan tidak terancam baru kemudian tanyakan pertanyaan yang tidak terduga.

Respon lawan bicaramu bisa saja sangat beragam, dan inilah yang bisa di gunakan sebagai “jalan masuk” untuk mencari tahu sebuah informasi.

Teknik Machine Gun

Teknik ini adalah Teknik bertanya dengan melontarkan atau menanyakan pertanyaan tanpa henti sehingga seseorang menjadi kehabisan jawabann dan memunculkan kegelisahan.

Contoh : Seorang pasangan yang bertanya “kamu kemarin kamana?” setelah dia menjawab, tanyakan lagi “Dari jam berapa aja itu?” kemudian tanyakan lagi “Perasaan kamu gimana kemarin?”

Usahakan bertanya dengan sikap santai dan tidak terkesan memojokan, karena jika dari awal kita ingin memojokan, maka lawan bicara kita akan cenderung defensif.

Pada saat seseorang “kehabisan alasan” itulah saat di mana ia mulai mengungkapkan hal yang sebenarnya terjadi atau ia rasakan. Ini sangat cocok untuk mengungkapkan orang yang biasanya berbohong seraca terencana.

Teknik Sniper

Teknik ini adalah salah satu teknik favorit wanita! Mungkin secara tidak sadar kamu pernah melakukannya dan efektif dalam menggali sesuatu, teknik ini adalah Menanyakan pertanyaan yang sebenarnya jawaabannya sudah kamu ketahui sebelumnya.

Jadi tujuannya adalah melakukan validasi dan konfrontasi terhadap data yang kita temukan, jangan lupa juga sebelum melakukan teknik ini perlu melakukan riset atau setidaknya menemukan fakta-fakta yang tepat dan ingin kita tanyakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *