,

Ternyata Ini, Penyebab Orang Takut Jarum Suntik!

oleh -155 views
Penyebab orang takut jarum suntik

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hayo, siapa yang waktu kecil paling nggak mau ketemu dokter? Tentu saja, karena takut dengan jarum suntik! Tapi guys, ternyata kebiasaan itu bisa kebawa sampai dewasa, lho. Ada yang pernah berpikir nggak sih, kenapa orang-orang takut banget sama jarum suntik? Yuk, simak pembahasannya sampai akhir. Ini dia penyebab orang takut jarum suntik! (rsn)

Kenapa Orang Takut Jarum Suntik?

Orang yang takut dengan suntikan, sering juga disebut sebagai fobia jarum suntik. Padahal keduanya adalah kondisi yang berbeda. Fobia jarum suntik atau disebut juga trypanophobia adalah kondisi ketika seseorang mau disuntik, ia akan mengeluarkan reaksi, seperti mengalami tekanan darah tinggi dan denyut jantung yang meningkat. Ini bahkan bisa terjadi sehari sebelum atau beberapa jam sebelum disuntik. Parahnya, orang yang fobia jarum suntik bisa saja sampai pingsan saat akan disuntik.

Menurut Joni Pagenkemper, kepala penanganan penyakit diabetes di Nebraska Medicine, ada 22% orang di dunia yang takut dengan suntikan alias jarum suntik. Padahal, ada beberapa kondisi yang mengharuskan seseorang untuk disuntik oleh dokter, misalnya saja suntik untuk pemberian vaksin.

Baca juga : Dependence! Merasa Katergantungan Pada Orang Lain?

Penyebab Orang Takut Disuntik

Penyebab orang takut jarum suntik yang paling umum adalah rasa sakit ketika jarum menembus kulit dan daging. Selain itu, takut dengan jarum suntik juga bisa disebabkan oleh trauma, lho. Misalnya saat kecil kalian di suntik oleh dokter tapi sang dokter tidak melakukannya dengan hati-hati. Alhasil, menimbulkan rasa sakit yang kemudian menjadi rasa trauma hingga dewasa.

Sementara itu, fobia disuntik bisa jadi disebabkan karena beberapa hal meskipun belum diketahui penyebab pastinya. Para peneliti meyakini, bahwa 80% orang yang fobia jarum suntik disebabkan karena turun-temurun. Maksudnya, kemungkinan penderita fobia tidak hanya seseorang itu sendiri saja. Bisa jadi ada sanak saudara yang memiliki fobia sama.

Namun, ada kemungkinan bahwa rasa takut itu lebih banyak disebabkan oleh bayang-bayang rasa sakit daripada diwariskan secara biologis. Beberapa psikolog percaya bahwa rasa takut disuntik mungkin berawal dari pikiran bahwa luka tusukan pasti berbahaya bahkan sampai mematikan.

Baca juga : Apa Kamu Orang yang Highly Sensetive Person?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.