Tingkat Suhu Api Berdasarkan Warnanya yang Perlu Kamu Ketahui

oleh -2.862 views
Tingkat Suhu Api Berdasarkan Warnanya

ZETIZEN RADAR CIREBON- Mungkin beberapa orang masih berfikir jika semua warna yang berasal dari api mempunyai suhu yang sama. Namun nyatanya, setiap warna yang berasal dari api memiliki tingkatan suhunya sendiri-sendiri. Oleh karena itu, untuk menambah wawasanmu kali ini mimin akan membahas seputar tingkat suhu api berdasarkan warnanya. (fb)

Baca juga: Masuk Kedalam Ruangan Tapi Lupa Mau Ngapain? Berikut Penjelasannya

6. Api Merah

Inilah 5 Warna Api dan Pengaruhnya. Pantas Saja Masak Pakai Kompor Gas Jadi  Lebih Cepat Matang~
Source by Hipwee

Tingkat suhu api berdasarkan warnanya yang pertama ada yang paling rendah yakni berwarna merah. Api ini mempunyai suhu di bawah 1000 derajat celcius. Dalam artian, api berwarna merah berasal dari pembakaran yang belum sempurna.

Kamu dapat menemukan api ini di bara api ataupun arang. Namun walaupun terbilang suhunya terbilang rendah, jangan coba-coba untuk memegangnya langsung. Karena suhu tersebut sudah dapat membuat kulitmu melepuh.

5. Api Jingga

5 Tingkatan Suhu Api Berdasarkan Warna Nyala Apinya
Source by IDN Times

Selanjutnya ada api berwarna jingga yang biasa kita lihat ataupun temui pada pembakaran kayu ataupun arang. Suhu dari api jingga lebih dingin dari pada api berikutnya yakni berkisar 1000 hingga 1200 derajat celcius.

4. Api Kuning

5 Tingkatan Suhu Api Berdasarkan Warna Nyala Apinya
Source by IDN Times

Naik satu tingkat lagi ada api kuning yang juga merupakan jenis api yang kerap kita temui. Umumnya api kuning sering kita lihat pada bagian tengah nyala api.

Suhu dari api kuning ini sendiri berkisar 1200 hingga 1500 derajat celcius. Umumnya api ini dihasilkan oleh pembakaran minyak tanah yang juga cenderung ke jingga. 

3. Api Biru

Peneliti Temukan Jenis Baru dari Pusaran Api Berwarna Biru - National  Geographic
Source by Grid_ID

Jika kamu kerap menggunakan kompor gas, pastinya sudah sering sekali melihat api jenis yang satu ini. Yups, api biru merupakan jenis api yang berasal dari bahan bakar gas karena gas lebih efisien saat terbakar.

Jenis api yang mempunyai energi cukup kuat ini mempunyai tingkat kepanasan berkisar 1500 derajat celcius.

2. Api Putih

Inilah Perbedaan Berbagai Warna Api - Page 2 | KASKUS
Source by Kaskus

Nah, kalau jenis api yang satu ini sangat sulit untuk kita temukan di bumi. Pasalnya, api putih berada di dalam inti matahari yang muncul akibat adanya reaksi fusi oleh matahari.

Namun walaupun begitu, api ini kerap orang gunakan di pabrik-pabrik yang memproduksi material besi dan bahan sejenisnya karena suhunya yang melebihi 2000 derajat celcius.

1. Api Hitam

Ternyata Api Berwarna Hitam Bisa Dibuat Loh! Begini Caranya.. | HOBIKU.NET
Source by Hobiku.net

Yang terakhir ada api yang paling panas tidak ada tandingannya. Saking panasnya api ini, belum ada seorang pun yang mengetahui pasti berada suhu dari api ini. Pasalnya, api hitam hanya berada di Neraka.

Disebut dengan api hitam karena pada spektrum warna cahaya, warna hitam didefinisikan sebagai ketiadaan cahaya, maka api hitam akan terlihat nyaris transparan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.