Tips Agar Berhenti Menjadi People-Pleasure

oleh -30 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah kamu sering meminta maaf padahal bukan kamu yang berbuat salah? Setuju dengan pendapat orang walau terpaksa? Itu berarti kamu seorang people-pleasure. Kamu rela memberatkan diri sendiri demi orang lain tidak kecewa. (herdi)

Susan Newman, Psikolog dari Amerika Serikat mengatakan bahwa seorang people-pleasure adalah seseorang yang selalu meletakkan kepentingan orang lain di atas kepentingannya sendiri. Jadi, hidupnya serba gak enakan, karena yang penting orang lain senang.

Padahal dirinya sendiri merasa gak suka atau gak setuju dengan hal yang bisa ‘menyenangkan’ orang lain tersebut. Ini terjadi karena kebiasaan seseorang yang berasal dari keinginan untuk merasa dirinya penting dan mau berkontribusi untuk orang lain.

Karena itu setiap keputusannya dibuat berdasarkan bagaimana orang akan merespon dan apa yang diharapkan orang lain darimu, ini bisa berujung kamu diremehkan dan dimanfaatin oleh orang lain.

Lama kelamaan hati kamu akan lelah dengan sendirinya dan ingin memberikan kesempatan pada diri kamu sendiri. Nah ini dia caranya kamu bisa berhenti menjadi orang yang gak enakan!

1.Memberanikan diri berkata “tidak” pada orang

 ini terjadi karena kebiasaan seseorang yang berasal dari keinginan untuk merasa dirinya penting dan mau berkontribusi untuk orang lain.

Bilang “tidak” saat kamu sedang fokus dengan kegiatanmu bukanlah suatu kesalahan, sebab kamu juga memiliki kehidupan sendiri yang harus kamu urus.

2.Berhenti Mengucapkan ‘Maaf’ untuk Hal-Hal yang Tidak Perlu

Ingat jangan melontarkan permintaan maaf berkali-kali, sebelum meminta maaf pikir dulu apakah hal tersebut kesalahanmu. Apalagi jika tidak berbuat salah. Stop menyenangkan orang lain dengan cara menyalahkan diri sendiri.

3.Berani Berpendapat Jika Tidak Setuju dengan Sesuatu

Jangan merasa gak enak atau gak pantas untuk mengeluarkan pendapat. Beri penjelasan karena kamu sedang ada prioritas yang segera kamu kerjakan, sibuk bekerja, atau alasan lain bahwa permintaannya tidak sesuai dengan keahlian yang kamu miliki. Katakanlah jujur kepada temanmu, biar dia mengerti juga dengan keadaanmu.

4.Stop Hidup Berdasarkan Pendapat Orang Lain.

Temanmu yang meminta bantuan sekali dua kali tidak masalah kamu sanggupi. Tapi, kalau ia sudah berkali-kali dan melewati batas untuk memintamu selalu mengiyakan keinginannya jangan ragu untuk berkata tidak dan bersikap tegas.

Harus dirimu sendiri yang menentukan apa yang harus kamu lakukan dan tinggalkan. Nggak semua pendapat orang lain tentang dirimu benar, pilih lagi mana yang menurutmu benar dan layak untuk diterima.

5.Jangan Memikirkan Pendapat Orang Lain

Kamu yang tau tentang dirimu sendiri, jelaskan alasan kenapa kamu tidak menerima pendapatnya dan ingat untuk tetap menghargainya agar tidak tersinggung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *