Haters! Ini Dia 5 Tips Untuk Menghadapinya

oleh -164 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Belakangan ini telinga kamu semakin “panas” dengan omongan para haters tentang promosi yang baru kamu terima. Tak hanya di media sosial haters pun bisa muncul di lingkungan sekitarmu seperti kantor. Tapi tak perlu khawatir, ini dia cara jitu untuk membungkat mulut nakal mereka. (herdi)

1. Mengabaikan

Haters akan selalu ada, walaupun kamu sudah melakukan hal baik, mereka akan bisa mencari celah untuk menjatuhkan atau mengangkat sisi negatifnya.

Bisa jadi mereka sebenernya tidak bermasalah dengan diri kamu, tapi dengan diri mereka sendiri. cara pertama untuk merespon mereka adalah mengabaikannya. Apalagi jika pendapat mereka tidak berpengaruh untuk hidupmu

2. Memahami

Cara Kedua lebih “waras” dan dewasa, yaitu dengan menyadari bahwa setiap orang berbeda-beda, dan tidak semua orang akan menyukai kita, pasti ada saja yang tidak menyukai kita tanpa alasan.

Karena alasan inilah, kita tidak harus menyenangkan semua orang atau takut  mengecewakan orang lain. Jika sesuatu yang kamu lakukan adalah hal benar, yakinlah dan tetap lakukan.

3. Mengontrol Respon

Mungkin kamu sering mendengar hal ini, bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah netral, tidak positif ataupun negatif. Nah! Ternyata respon kitalah yang menentukan hal tersebut positif ataupun negatif pada nantinya.

Kamu memang tidak bisa mengendalikan orang lain, tapi bisa mengendalikan diri sendiri, itu artinya kita bisa menganggap komentar maupun kritik sebagai cara mereka mempedulikan secara berlebihan.

4. Mengubah Pandangan

Cara berikutnya yang juga bisa kamu lakukan adalah memposisikan diri sendiri sebagai diri mereka, tapi Cuma pandangannya saja, bukan perbuatan ataupun kebenciannya.

Dengan sejenak mengubah pandangan dan meminjam “kacamata” orang lain, kita bisa saja melihat hal yang mungkin sebelumnya terlewatkan dan menjadikannya sebagai cara untuk intropeksi diri.

5. Speak Up

Cara ini sengaja di posisikan di paling akhir, karena sebenarnya jika merespon berlebihan hanya akan membuang energy. Namun jika di rasa haters tersebut berlebihan dan mulai toxic, ada baiknya kita memperingatkannya secara dewasa. Ajak bicara empat mata dan minta dia ungkapkan alasannya, kemukakan juga pendapatmu untuk meluruskan permasalahan.

Itu tadi beberapa tips untukmu bisa menangani para haters, tapai bagaimana sih tanggapan dari agama tentang haters? Dalam Alquran di tegaskan: “Janganlah karena kalian tidak suka pada satu kaum, janganlah membuat kalian tidak lagi bersikap adil.” (QS al-Maidah: 8)

Ustaz Hanan mengatakan, tidak adil yang di maksud dalam ayat tersebut misalnya dengan mengucapkan kata-kata yang tidak pantas. Ustaz Hanan mengingatkan untuk tidak sampai mengeluarkan kata-kata celaan terhadap orang lain. Namun, yang di perbolehkan adalah menasihati orang lain jika ia melakukan kesalahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *