Tips Menghindari Food Waste yang Bisa Kamu Lakukan

oleh -159 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tahukah kamu apa itu food waste? Food waste adalah makanan yang terbuang oleh penyedia makanan seperti warung atau restoran dan para konsumen. Makanan yang terbuang juga berbeda beda, seperti makanan yang tidak lolos sortir, makanan yang kedaluwarsa, dan sisa makanan yang masih layak makan namun tidak habis. Food waste termasuk salah satu permasalahan yang mengancam bumi kita lho guys. Oleh karena itu, yuk bahas tips menghindari food waste yang bisa kamu lakukan sehari-hari. (tika)

1. Rencanakan belanjaan dan menu

Hal yang pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghindari food waste adalah dengan membuat perencanaan belanja mingguanmu. Kemudian kalau bisa kamu rencanakan juga seminggu ke depan ingin memu masakan apa saja. Hal ini akan memudahkan kamu dalam bereblanja dan menghindari membeli makanan yang tidak sesuai kebutuhanmu. Dengan cara ini kamu juga bisa menghemat pengeluaran lho.

2. Belanja seminggu sekali

Selanjutnya kamu bisa berbelanja bahan makanan cukup seminggu sekali. Seminggu sekali adalah waktu yang pas tidak terlalu kepepet juga tidak terlalu lama. Sebaiknya jangan berbelanja saat lapar mata. Kontrol dan beli makanan sesuai kebutuhan. Jangan beli terlalu banyak karena khawatir akan busuk di dalam kulkas sebelum memasaknya.

3. Cek makananmu

Hayo siapa yang suka menimbun makanan? Sebaiknya cek tanggal makananmu dalam kemasan kapan masa kedaluwarsanya. Makanlah makanan yang waktu kedaluwarsanya dalam waktu dekat. Kalau membeli sayuran, cobalah untuk olah makanan yang kira-kira tidak terlalu lama masa waktunya terlebih dahulu.

4. Membuat meal preparation

Membuat meal prep dapat mengurangi waktu persiapan memasak apalagi bagi kamu yang sibuk. Kamu bisa langsung memasak karena sebelumnya sudah menyiapkan dari jauh hari. Caranya, setelah kamu berbelanja, kamu langsung keluarkan semua belanjaan. Potong-potong dan cuci bersih serta masukkan ke dalam tempat kedap udara. Setelah itu masukkan ke dalam kulkas dan meal prep pun tinggal kamu gunakan.

5. Habiskan makanan

Yang terakhir, ketika kamu makan. Usahakan untuk menghabiskan makanan sampai habis. Jangan biarkan makanan terbuang dengan percuma. Kalau ada sisa makanan yang tidak habis kamu bisa menjadikannya kompos. Atau ketika membuat meal prep sisanya bisa kamu olah menjadi kaldu.

Nah, itulah tips menghindari food waste yang bisa kamu lakukan di rumah. Jaga dan sayangi lingkungan sekitarmu ya!

Baca juga:

Mengenal Gaya Hidup Minim Sampah, Sudah Tahu?

Sudah Tahu Apa Itu Sustainable Fashion?

5 Manfaat dari Gaya Hidup Minimalis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.