Tomat itu Buah atau Sayuran? Berikut Jawabannya

oleh -53 views
Tomat itu Buah atau Sayur

ZETIZEN RADAR CIREBON- Seperti yang kita ketehui, tomat merupakan tumbuhan dari keluarga Solanaceae yang umumnya orang gunakan untuk membuat sup, salad atau semacamnya. Namun, tidak sedikit orang yang masih bingung sebenarnya tomat itu buah atau sayuran.

Ada banyak sekali perdebatan yang mempertanyakan tomat itu buah atau sayuran. Pasalnya, jika kita melihat dari bentuknya tomat merupakan keluarga buah. Karena jika menilik dari definisinya, buah merupakan bagian pada tumbuhan berbunga, perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium), dan umumnya memiliki biji.

Namun, kita juga tidak bisa menyimpulkan begitu saja bahwa tomat adalah buah. Jika kita menilik dari kegunaannya, tomat lebih condong ke sayuran. Pasalnya, orang-orang kerap melihat tomat berada di dalam, dengan, atau setelah sup, ikan, atau daging. Tidak seperti buah yang umumnya menjadi hidangan penutup makanan.

Meskipun tomat tidak semanis buah-buahan lainnya, tomat juga tidak sepahit sayuran. Dalam hal ini paprika dan mentimun juga buah walaupun rasanya tidak semanis buah yang lain.

Jika sayuran itu merupakan tanaman yang semua bagiannya bisa dimakan, dari mulai akar, daun, dan batangnya sedangkan buahnya tidak. Seperti bayam, brokoli itu merupakan sayuran.

Bahkan dengan definisi ini beberapa orang masih mengklaim bahwa tomat itu sayuran tetapi hal ini juga tidak salah. Beberapa koki memasak atau menggunakan tomat sebagai unsur gurih dalam masakannya, atau sebagai unsur manis dan menyegarkan.

Jadi pada intinya tomat itu buah atau sayuran bukanlah masalahnya karena pada dasarnya tomat adalah buah dan sayuran.

Baca juga: Tanaman Hias yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Kita di Rumah, Sudah Menanamnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *