5 Manfaat Zat Endorfin Dalam Hidupmu

oleh -195 views
zat endorfin

ZETIZEN RADAR CIREBON- Zat Endorfin adalah sekelompok hormon yang di produksi oleh otak. Mereka dapat di lepaskan selama latihan, periode nyeri dan stres, dan aktivitas lainnya.  (herdi)

Kelenjar pituitari dan sistem saraf pusat menghasilkan hormon-hormon ini. Mereka terlibat dalam berbagai fungsi sehari-hari seperti makan, minum, seks, dan perilaku ibu. Dan berikut adalah 5 manfaat zat endorfin

Baca Juga : Sinopsis Film Riddick, Bertahan Hidup Di Planet Terbakar

1. Obat Penghilang Rasa Sakit Alami

Nyeri dan stresor lainnya menyebabkan daerah tertentu di otak (kelenjar hipofisis) melepaskan zat endorfin

Ketika bekerja pada sel-sel saraf untuk mengurangi ketidaknyamanan, endorfin mengikat reseptor khusus. Ini membantu mengurangi jumlah rasa sakit yang di rasakan.

Ini juga menghambat pelepasan neurotransmitter GABA, yang pada gilirannya meningkatkan produksi dopamin, neurotransmitter yang terkait dengan kesenangan.

Obat penghilang rasa sakit opioid seperti morfin meniru endorfin yang di produksi dalam tubuh dan bersaing dengan mereka untuk tempat pengikatan yang tersedia di situs reseptor

2. Mengurangi Stres, Kecemasan, dan Depresi

Otak melepaskan zat endorfin untuk membantu memerangi stres. Hormon-hormon ini mencapai organ target seperti pankreas dan medula adrenal dan merangsang mereka untuk melepaskan glukagon dan adrenalin, masing-masing.

Daerah otak yang memproduksi zat endorfin (kelenjar hipofisis) juga mengandung reseptor opioid. Dengan mengikatnya, endorfin dapat mengaktifkan atau memblokir produksi hormon adrenokortikotropin, pemain kunci lain dalam respons stres, dan hormon lain yang terlibat dalam stres seperti prolaktin dan hormon pertumbuhan.

Endorfin tampaknya bekerja pada komponen emosional dari stres dan depresi (seperti opioid yang mengontrol komponen emosional rasa sakit). Dibuktikan dalam sebuah penelitian pada tikus, endorfin menghambat perilaku cemas. Tikus yang direkayasa yang tidak dapat menghasilkan endorfin secara alami sangat cemas tetapi lebih rentan terhadap efek anti-kecemasan alcohol.

3. Mengatur Hormon Lain

Pada ikan, zat endorfin yang di sekresikan dari area tertentu di otak mengatur siklus ovarium dengan menghambat produksi hormon luteinizing di kelenjar pituitary.

Lalu pada domba yang di beri endorphin memiliki tingkat fluktuasi dua hormon yang terlibat dalam siklus reproduksi (GnRH dan LH), menunjukkan peran hormon ini dalam menyeimbangkan kadar hormon .

Seperti yang telah di bahas sebelumnya, endorfin juga mengatur produksi hormon terkait stres seperti hormon adrenokortikotropin, prolaktin, dan hormon pertumbuhan.

4. Dapat Membantu Mengobati Skizofrenia

Gangguan dalam transmisi dopamin yang bertanggung jawab atas patologi skizofrenia telah lama di yakini di sebabkan oleh perubahan pada sistem endorfin. Dalam uji klinis pada 70 pasien skizofrenia, rejimen antipsikotik menormalkan kadar zat endorfin dalam darah.

5. Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Sikap positif yang meningkatkan pelepasan zat endorfin telah di laporkan dapat mengurangi pertumbuhan kanker payudara serta membantu pasien kanker hidup lebih lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.