5 Tempat Terbaik Untuk Melihat Bioluminescence di Dunia

oleh -100 views
Source: Marine Madness

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bioluminescence tentunya merupakan pemandangan yang unik. Emisi cahaya yang di hasilkan oleh makhluk hidup karena adanya reaksi kimia tertentu ini dapat membuat malam menjadi lebih berwarna. Salah satu tempat terbaik untuk melihat fenomena ini adalah di pantai atau laut. Berikut adalah 5 tempat terbaik untuk melihat bioluminescence di dunia. (Zhorif)

Mosquito Bay

Source: Marriott Bonvoy Traveler

Memiliki gelar bioluminescence paling terang oleh Guinness Book of World Records, pantai yang berada di Puerto Rico ini memiliki salah satu konsentrasi plankton tertinggi di dunia. Sehingga menghasilkan pancaran cahaya yang sangat indah di laut. Walaupun terdapat beberapa peraturan yang bertujuan untuk melindungi dan melestarikan pantai ini, bermalam di sini akan memberikan pemandangan yang tidak akan terlupakan.

Baca juga: 5 Ski Resort Terbaik dan Termewah di Dunia

Toyama Bay

Source: Imgur

Jika sebelumnya di akibatkan oleh plankton, di Toyama Bay bioluminescence datang dari cumi-cumi yang bernama firefly squid atau Watasenia scintillans. Setiap musim semi atau dari bulan Maret ke Juni, cumi-cumi ini datang ke pesisir untuk berkembang biak, dan secara tidak langsung mewarnai perairan dengan warna biru yang terang. Karenanya, pantai Jepang ini dapat menjadi destinasi wisata sekaligus lokasi memancing.

Luminous Lagoon

Source: Jam Jairah Tour and Rentals

Sesuai namanya, laguna air tawar dan air asin yang dangkal ini menyinari perairan hangat Jamaika di malam hari. Berdurasi hampir sepanjang tahun, bioluminescence di sini di picu oleh suatu mikro organisme yang bernama dinoflagellate, yang menyala biru terang ketika terdapat gerakan. Kita dapat menaiki perahu yang akan membawa kita ke tengah laguna, di mana kita dapat menyelam dan menikmati keindahan laguna ini.

Torrey Pines State Beach

Source: Scott Murphy

Sama seperti Luminous Lagoon, bioluminescence di San Diego, Amerika Serikat ini di akibatkan oleh dinoflagellate. Namun bedanya, selain menyinari malam dengan warna biru, mikro organisme ini juga mewarnai laut dengan warna merah di siang hari. Kedua fenomena tersebut tidak terjadi setiap saat, dan para peneliti belum bisa memprediksi kapan terjadinya. Sehingga jika terjadi akan mendatangkan banyak pengunjung.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Islandia yang Wajib di Kunjungi

Jervis Bay

Source: Jordan Robins Photography

Selain pasir pantai yang bewarna putih dan perairan yang sangat jernih, pantai ini juga di sinari oleh dinoflagellate ketika malam hari. Menghasilkan pemandangan yang indah dan memanjakan mata. Waktu terbaik untuk melihatnya adalah antara bulan Mei sampai Agustus. Dan jika beruntung telah terjadi hujan sebelumnya, maka kita akan di suguhkan dengan pemandangan bioluminescence terbaik di pantai Australia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *