Agen Rahasia yang Dikenal Memiliki Kekuatan Besar

oleh -94 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hampir setiap negara memiliki agen rahasia atau badan intelijen. Biasanya, agen rahasia bertugas untuk menggali dan mencuri informasi, melakukan propaganda, hingga melakukan operasi khusus demi kepentingan negara. (cva)

Sejauh ini, memang terdapat beberapa agen rahasia yang terkenal memiliki kekuatan yang besar. Mereka merupakan salah satu yang berbahaya di dunia. Kira-kira agen rahasia apa sajakah yang termasuk? Yuk, simak penjelasannya.

1. CIA (Central Intelligence Agency) – Amerika

Pastinya kamu sudah tak asing lagi dengan CIA (Central Intelligence Agency) milik Amerika Serikat karena beberapa film atau series kerap menunjukkan keberadaannya. CIA didirikan pada 18 September 1947 dan bermarkas di Langley, Virginia. Mereka memiliki tugas yang penting dalam menjaga kestabilan kebijakan internasional dengan berbagai negara. 

Tak heran jika CIA banyak terlibat dalam beberapa peristiwa, seperti Perang Korea, Pemberontakan Iran 1953, beberapa sabotase di Kuba, Perang Vietnam, dan masih banyak lagi. CIA juga membantu badan intelijen Pakistan dalam berkoordinasi menyelesaikan konflik yang ada di Afghanistan.

Dalam hal ini, Pakistan sendiri berusaha untuk membantu Afghanistan dalam menyelesaikan konflik domestik dengan Taliban dan kelompok ekstremis lainnya. CIA dan badan intelijen Pakistan diduga telah bekerja sama dalam menyediakan persenjataan demi membantu Afghanistan melawan kelompok pemberontak yang ada di wilayah tersebut.

2. Mossad – Israel

Selain terkenal memiliki militer yang kuat, Israel juga mempunyai agensi inteligen yang tangguh, yaitu Mossad. Ada juga badan intelijen bersifat militer bernama Aman dan tim keamanan nasional Israel khusus yang bernama Shin Bet yang merupakan aset penting bagi pemerintah Israel.

Mossad sendiri sudah berdiri sejak cukup lama, yaitu pada tahun 1949 dan bermarkas di Tel Aviv. Mereka pernah menjalankan operasi di cukup banyak negara seperti Mesir, Maroko, Tunusia, Argentina, Amerika Serikat, Iran, Irak, Suriah, dan Palestina.

Salah satu operasi yang pernah mereka lakukan dan berkaitan dengan Palestina ialah Operasi Goldfish yang menyasar petinggi Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), yaitu Yasser Arafat. Sosok tersebut meninggal akibat racun yang diyakini masyarakat Palestina berasal dari Israel.

3. Research and Analysis Wing (R&AW) – India

Research and Analysis Wing (R&AW) merupakan bada intelijen milik negara India. Badan ini didirikan pada 21 September 1968 dan bermarkas di New Delhi, India. Pada pertengahan abad ke-20, R&AW memiliki fungsi khusus untuk melakukan pengawasan terkait perkembangan paham komunisme di skala internasional, terutama dari Tiongkok dan Uni Soviet.

R&AW beroperasi di cukup banyak negara, seperti Afrika Selatan, Namibia, Senegal, Afghanistan, Bangladesh, Malaysia, Tiongkok, Myanmar, Pakistan, hingga Arab Saudi. R&AW juga diduga terlibat dalam Perang Kargil yang melibatkan militer India dan Pakistan pada Mei hingga Juni 1999.

4. MI6 – Britania Raya

MI6 merupakan badan agen rahasia yang dimiliki oleh Britania Raya yang dibentuk pada tahun 1909 lalu. Dapat dikatakan badan intelijen yang bermarkas di London ini merupakan salah satu yang tertua di dunia. MI6 cukup banyak terlibat dalam beberapa peristiwa sejarah seperti Perang Dunia I, Perang Dunia II, hingga Perang Dingin.

Tujuan utama dari MI6 adalah untuk menjaga keamanan nasional dan perekonomian di negara tersebut. Saat ini, MI6 dipimpin oleh Richard Moore yang merupakan mantan duta besar Britania Raya untuk Turki. Sesuai motto badan tersebut yang bernama Semper Occultus (selalu rahasia), hampir semua operasi MI6 sangat jarang bocor di hadapan publik.

5. GRU – Rusia

GRU merupakan badan intelijen milik Rusia yang langsung berada di bawah komando militernya. Mereka memang berbeda dengan badan intelijen Rusia lainnya seperti SVR, FSB, dan FSO yang memberikan laporan langsung kepada Presiden Rusia. Dalam sejarahnya, GRU dibentuk pada 7 Mei 1992 dan bermarkas di Moskow.

GRU terlibat dalam beberapa operasi di cukup banyak negara, mulai dari Austria, Bulgaria, Estonia, Republik Ceko, Georgia, Montenegro, hingga Suriah. Di Suriah, beberapa agen GRU berada di Aleppo dan Homs yang merupakan wilayah paling terdampak akibat pemberontakan yang dilakukan oleh ISIS.

Nah, itu dia lima badan agen rahasia yang memiliki kekuatan besar. Pastinya, negara mereka mengeluarkan dana yang tak sedikit untuk operasinya. Kelima badan intelijen tersebut cukup eksis dan populer hingga sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *