AMD Ryzen Seri 5000 G akan Hadir di Bulan Agustus

oleh -146 views
AMD Ryzen

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dikutip dari Engadget, AMD tengah memproduksi prosesor terbaru mereka untuk jajaran seri 5000. AMD mengumumkan akan merilis prosesor berteknologi APU generasi terbaru dari Ryzen pada 5 Agustus 2021. Prosesor yang sudah disematkan integrated Radeon Vega ini dapat digunakan langsung tanpa memerlukan bantuan GPU. (mrg)

Tidak seperti generasi sebelumnya yang hanya terbatas untuk kalangan OEM, AMD Ryzen 5000G ini akan tersedia untuk konsumen secara umum. Dengan demikian, seseorang dapat merakit komputer tanpa perlu membeli GPU yang harganya saat ini masih cukup mahal.

Sebagai APU dengan arsitektur Zen 3, Ryzen 5000G ini mungkin bisa menjadi incaran sebagian orang ketika ingin merakit PC. Selain itu, APU ini juga masih menggunakan socket AM4, sehingga masih kompatibel setidaknya bila dipasangkan dengan motherboard berchipset A520. Kita tidak bisa memastikan kompabilitas APU ini dengan motherboard seperti B450, karena memang tidak tercantum di website masing-masing brand motherboard. AMD juga belum mengonfirmasi terkait kompabilitas ini.

Baca juga : Banyak Mod GTA San Andreas dan Vice City yang Dibanned Take-Two

Dengan integrated Radeon Vega yang sedikit lebih kuat dibandingkan dengan seri 4000, dipastikan akan ada penambahan performa setidaknya 10%. Untuk harganya sendiri, Ryzen 5 5600G dipatok pada kisaran 3 Jutaan, dan Ryzen 7 5700G berada pada kisaran 5 Jutaan. Dengan harga tersebut, pengguna prosesor AMD ini langsung dapat menggunakan komputer tanpa memerlukan GPU.

Namun, untuk saat ini belum dapat dipastikan kedua APU ini akan tersedia di Indonesia atau tidak.

Untuk mengeluarkan performa terbaik dari kedua APU teranyar dari AMD ini, pengguna disarankan untuk menggunakan RAM berkecepatan tinggi. Hal ini sebenarnya bisa menjadi bumerang, karena harga RAM di pasaran juga masih cukup mahal, sehingga ditakutkan APU ini tidak akan menjadi best bang for bucks lagi.

APU ini lebih akan lebih cocok bila diperuntukkan kepada pengguna yang lebih memilih untuk tidak menambahkan GPU di kemudian hari.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.