Atlas, Titan yang Dihukum Menopang Langit

oleh -145 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernah dengar istilah Atlas? Pasti yang terpikir di benak kalian adalah sebuah kumpulan peta yang menjadi kompilasi di suatu buku. Salah! Yang akan mimin ceritakan disini adalah sebuah kisah mitologi Yunani tentang Atlas. Makhluk yang selalu digambarkan sebagai sebuah patung yang sedang mengangkat bumi di bahunya. (cva)

Yuk, simak!

Sejarah

Atlas adalah titan dalam mitologi Yunani yang merupakan anak dari titan generasi pertama yaitu Iapetus (titan penguasa dunia bawah sebelum Hades) dan Oceanis Clymene.

Atlas juga memiliki tiga saudara kandung yaitu Prometheus (pencipta umat manusia), Epimetheus, dan Menoitois.

Melansir dari World History Edu, ia menikah dengan seorang peri bernama Pleione dan memiliki anak bernama Calypso, Hesperedes, tujuh Pleiades, dan Hyades.

Perang Titanomacy

Titanomacy merupakan perang antara Titan dan Kaum Olympus. Pemicu perang ini sendiri ialah Zeus yang memimpin para Dewa Olimpian memberontak melawan ayahnya, Kronos (pemimpin para titan).

Titanomacy berjalan selama ribuan tahun. Namun para titan mulai mengalami kemunduran saat Prometheus membelot dan membela Dewa Zeus.

Perang berakhir dengan dewa Olympus yang mengalahkan para titan. Mengutip dari ThoughtCo., setelah menang, Zeus menghukum para titan dengan memasukkannya ke Tartarus termasuk Menoitos.

Hukuman dari Zeus

Hukuman untuk Atlas diberikan oleh Zeus karena ia dan saudaranya lebih memihak Titan ketika terjadinya perang Titan melawan 12 Dewa-Dewi Olympus. Kedua belas Dewa-Dewi tersebut adalah Zeus, Hera, Poseidon, Demeter, Athena, Hestia, Apollo, Artemis, Ares, Aphrodite, Hephaestus dan Hermes.

Zeus mengambil Atlas dan kemudian menghukumnya untuk berdiri di sisi barat bumi. Ia berdiri di sana dan menopang pilar yang memisahkan Bumi dan langit di pundaknya dengan tangan.

Atlas selamanya akan terus memikul langit atau beban Bumi, menjaganya untuk tidak saling bertabrakan. Menurut mitologi Yunani, masyarakat percaya bahwa ia masih menanggung beban Bumi hingga hari ini.

Versi Lain

Kemudian ada cerita lagi yang menyebutkan bahwa Atlas menjadi batu akibat melihat wajah Medusa yang berada di perisai Perseus sehingga ia membatu dan tegak berdiri.

Beberapa cerita juga menyebutkan bahwa ia adalah putra dari Poseidon, Sang Dewa Laut dengan seorang manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.