Berbeda Tapi Hampir Sama! Psikopat dan Sosiopat

oleh -167 views
psikopat dan sosiopat

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah Kamu tidak yakin tentang perbedaan antara psikopat dan sosiopat? Jika demikian, Kamu tidak sendirian. Banyak psikiater, psikolog forensik, kriminolog, dan petugas polisi salah menggunakan istilah sosiopat dan psikopat secara bergantian. (herdi)

Para ahli terkemuka juga tidak setuju pada perbedaan yang berarti antara dua kondisi dan mereka yang setuju bahwa ada perbedaan sering tidak setuju tentang apa perbedaan itu. Tapi Aku berpendapat bahwa ada perbedaan yang jelas dan signifikan.

Dari perspektif klinis, orang-orang yang sosiopat atau psikopat adalah mereka yang menunjukkan karakteristik Antisocial personality Disorder (APD), di tandai dengan mengabaikan hak dan atau perasaan orang lain. Sosiopati dan psikopati di anggap sebagai dua jenis APD.

Sementara istilah “sosiopat” dan “psikopat” sering di gunakan secara bergantian, masing-masing memiliki garis perbedaan yang jelas yang dapat di jelaskan secara luas.

Psikopat vs Sosiopat

  • Sosiopat cenderung gugup dan mudah gelisah. Psikopat dapat meniru emosi dan tampak tenang.
  • Sosiopat mudah berubah dan rentan terhadap ledakan emosi, termasuk kemarahan. Psikopat itu keren, tenang, dan tak tergoyahkan dalam krisis.
  • Sosiopat lebih cenderung tidak berpendidikan, tinggal di pinggiran masyarakat, tidak dapat mempertahankan pekerjaan tetap, atau tinggal di satu tempat untuk waktu yang lama. Psikopat sering kali berpendidikan tinggi dan memiliki pekerjaan tetap.
  • Sosiopat dapat membentuk keterikatan pada individu atau kelompok tertentu, meskipun mungkin sulit. Psikopat tidak dapat membentuk ikatan emosional dan memandang orang lain sebagai objek untuk hiburan mereka.
  • Sosiopat bagi orang lain tampak terganggu atau tidak menentu dan seringkali lebih mudah di kenali oleh para profesional. Psikopat akan tampak normal bagi orang lain. Mereka manipulatif dan dapat menarik dan dengan mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain.
  • Kejahatan yang di lakukan oleh sosiopat, bahkan pembunuhan, biasanya di lakukan secara serampangan dan spontan daripada di rencanakan. Ketika psikopat melakukan kejahatan, mereka cenderung merencanakan dengan hati-hati setiap detail sebelumnya dan sering kali memiliki rencana darurat. Mereka “berdarah dingin” dan mungkin penjahat yang efektif.
  • Penyebab sosiopati adalah lingkungan, seperti trauma masa kecil dan kekerasan fisik atau emosional. Penyebab psikopati adalah genetika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *