Bioluminescence, Ketika Pantai “Menyala” Dengan Indah

oleh -118 views
Source: Kin Cheung

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kita mungkin telah melihat kunang-kunang yang menyinari malam hari. Namun pantai dan laut juga dapat bersinar dengan indah. Reaksi yang menyebabkannya adalah bioluminescence, reaksi yang dapat menyebabkan suatu pantai “menyala” dengan menakjubkan. (Zhorif)

Source: Biogeosciences

Bioluminescence adalah emisi cahaya yang di hasilkan oleh makhluk hidup karena adanya reaksi kimia tertentu. Hal tersebut dapat menghasilkan energi cahaya dalam tubuh suatu makhluk. Sehingga ketika bereaksi dengan oksigen, akan menghasilkan cahaya terang yang dapat kita lihat di pantai maupun tengah laut.

Baca juga: Midnight Sun, Fenomena Matahari yang Bersinar di Malam Hari

Source: WeichengHan

Reaksi tersebut dapat kita temukan di banyak organisme laut. Seperti ikan, bintang laut, krustasea, ubur-ubur, bakteri, alga, sampai hiu. Munculnya cahaya dari reaksi bioluminescence ini sangat bervariasi, tergantung habitat dan organisme yang ada di pantai atau laut. Contohnya adalah warna biru dan hijau, yang tergolong warna paling lazim. Reaksi ini bisa di bilang merupakan bentuk komunikasi paling umum di bumi.

Source: Marine Madness

Kejadian ini bisa di bilang lebih umum dari pada yang di kira, namun kita harus mengetahui tempat yang tepat untuk melihatnnya. Terutama bioluminescence ini tidak banyak yang mengetahui di Indonesia. Sehingga kita harus pintar-pintar mencari tempatnya. Tentunya, fenomena ini dapat kita saksikan pada malam hari, lebih baik jika tidak ada polusi cahaya dan ketika bulan tidak menyinari malam.

Baca juga: Polar Night, Fenomena Malam Hari Selama 24 Jam

Source: Gergo Rugli

Kita dapat menikmati bioluminescence ini dengan sekedar melihat dan mengagumi keindahannya saja, mengambil foto, atau bahkan berenang dan surfing. Kita tidak perlu khawatir, karena reaksi tersebut cenderung tidak membahayakan bagi tubuh kita. Berkat fenomena ini, pantai yang sebelumnya indah dapat menjadi pemandangan yang mengagumkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.