Cara Menghadapi Pasangan yang Sedang Stres

oleh -80 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Stres merupakan hal yang normal dalam kehidupan sehari-hari. Stres bisa terjadi karena urusan pekerjaan, keuangan, keluarga bahkan pasangan. (cva)

Nah, stres yang dirasakan oleh pasangan akan berdampak pada hubunganmu berdua, lho sob. Judy Ford, pekerja sosial klinis berlisensi dan penulis Every Day Love: The Delicate Art of Caring for Each Other, mengatakan stres jika didiamkan akan diserap oleh pasangannya bahkan menular. Stres jangka panjang akan berubah menjadi depresi yang mengakibatkan hubungan juga akan semakin jauh.

Supaya nggak salah langkah, ini cara menghadapi pasangan yang sedang stres.

1. Kenali gejala stres

Pasangan bisa saja terbiasa dengan stres yang nggak terkendali, sehingga mereka hampir mengabaikannya. Hal yang paling mendasar adalah mengenali bentuk gejala stres pasangan kamu, yang mungkin berbeda dengan orang lain.

Tanda yang paling sering terlihat adalah murung, menarik diri, pemarah, menangis, susah tidur, gelisah bahkan terlalu bersemangat. Hal ini bisa kamu perhatikan, kalau tidak pasanganmu akan mengobati dirinya sendiri dengan hal-hal negatif. Contohnya, seperti mengonsumsi alkohol atau merokok.

2. Dekati dan dengarkan pasanganmu

Jika kamu melihat tanda-tanda stres pada pandanganmu, tanyakan padanya apa yang terjadi dengan penuh kasih. Duduklah di sampingnya dan jika dia sudah menceritakan permasalahannya, dengarkan tanpa menghakimi.

Mendengarkan juga akan menjadi poin penting cara menghadapi pasangan yang sedang stres, karena nggak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik.

3. Beri dia rasa nyaman

Banyak pasangan lupa untuk menghibur pasangannya dan malah mencoba memecahkan masalahnya terlebih dahulu. Hiburlah pasanganmu terlebih dahulu hingga dia merasa tenang. Pasanganmu sebenarnya mencari penghilang stres, bukan ingin melakukan sesi brainstorming dan membahas permasalahannya.

4. Tanyakan pada pasangan apa yang bisa kamu lakukan untuknya

Cara penting untuk mendukung partner-mu yang sedang stres adalah bertanya secara terbuka apa yang dapat kamu lakukan. Walaupun simple, hal ini membuat pasanganmu merasa kamu ada saat dibutuhkan.

5. Berikan hadiah kecil untuk pasangan

Cara menghadapi pasangan yang sedang stres selanjutnya adalah memberi hadiah kecil untuknya. Walaupun terlihat simple, hal ini akan sangat bermakna untuknya. Nggak harus memberikan hadiah yang mahal tetapi cukup hadiah simpel yang dia suka. Kamu bisa membelikannya cokelat, pizza, ataupun melakukan body treatment bersama. Ingat, yang bermakna itu perhatiannya, bukan nilainya.

6. Beri dia waktu sendiri

Jika laki-laki sedang merasakan stres karena suatu masalah, kamu bisa memberinya waktu untuk sendiri. Kadang cara menghadapi pasangan yang sedang stres, yaitu dengan memberinya ketenangan dan merenung sendiri yang berbeda dengan perempuan yang biasanya menangis.

Setelah 1-2 hari dia sendiri, pastikan di hari selanjutnya dia jauh lebih tenang dari sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.