Cerita di Balik Lahirnya Polwan, Sudah Tahu Belum?

oleh -173 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hi ladies! Pasti kalian sudah sering bukan mendengar kata Polisi Wanita atau yang biasa kita sebut Polwan? (cva)

Sebelumnya ladies sekalian tahu nggak sih, sejarah lahirnya Polwan di Indonesia?

Yuk, cari tahu!

Polwan di Indonesia lahir pada 1 September 1948, berawal dari kota Bukittinggi, Sumatera Barat, tatkala Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) menghadapi Agresi Militer Belanda II, yaitu terjadinya pengungsian besar-besaran pria, wanita, dan anak-anak meninggalkan rumah mereka untuk menjauhi titik-titik peperangan. Untuk mencegah terjadinya penyusupan, para pengungsi harus polisi periksa, namun para pengungsi wanita tidak mau mereka periksa apalagi mereka geledah secara fisik oleh para polisi pria.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Indonesia menunjuk SPN (Sekolah Polisi Negara) Bukittinggi untuk membuka “Pendidikan Inspektur Polisi” bagi kaum wanita. Setelah melalui seleksi terpilihlah 6 (enam) orang gadis remaja yang kesemuanya berdarah Minangkabau dan juga berasal dari Ranah Minang, yaitu:

  • Mariana Saanin Mufti
  • Nelly Pauna Situmorang
  • Rosmalina Pramono
  • Dahniar Sukotjo
  • Djasmainar Husein
  • Rosnalia Taher

Ke enam gadis remaja tersebut secara resmi tanggal 1 September 1948 mulai mengikuti Pendidikan Inspektur Polisi di SPN Bukittinggi. Sejak saat itu akhirnya lahirlah Polisi Wanita yang akrab dipanggil Polwan. Keenam Polwan angkatan pertama tersebut juga tercatat sebagai wanita ABRI pertama di tanah air yang kini kesemuanya sudah pensiun dengan rata-rata berpangkat Kolonel Polisi (Kombes).

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan sejarah lahirnya Polwan di Indonesia?

Kalian tertarik untuk mengenal profesi ini lebih jauh? Boleh banget, dong! Ladies juga bisa menjadi salah satu dari bagian Polisi Wanita Indonesia.

Semoga kedepannya para polwan semakin maju, berprestasi, tetap membanggakan bangsa, lebih berprofesional lagi, ya! Semakin jaya dan sukses dalam menjaga dan mengayomi warga Indonesia, serta mampu untuk menginspirasi para wanita di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *