Cyberpsikologi! Pahami Lebih Lanjut Tentangnya

oleh -153 views
cyberpsikologi

ZETIZEN RADAR CIREBON – Cyberpsikologi adalah cabang psikologi yang relatif muda. Ini di mulai pada 1990-an, tetapi benar-benar mulai mendapatkan relevansi selama 2000-an dengan munculnya media sosial. Ledakan dalam komunikasi online membuatnya tiba-tiba menjadi sangat penting untuk memahami perilaku online. (herdi)

Cyberpsikologi melihat bagaimana kita berperilaku di dunia maya, bagaimana kita berinteraksi dengan dan melalui perangkat yang berbeda, serta bagaimana perilaku offline kita telah di pengaruhi oleh penggunaan teknologi dan internet.

Para ahli telah memperingatkan tentang bahaya media sosial selama beberapa waktu. Namun, bagi sebagian besar dari kita, film dokumenter Netflix baru-baru ini, “The Social Dilemma” telah menjadi peringatan untuk memahami bagaimana situs, aplikasi, dan fungsionalitas desain tertentu di dunia maya dapat di gunakan untuk menargetkan kelemahan kita.

Di luar masalah nyata dengan desain manipulatif, teknologi dan internet juga memengaruhi kita dengan cara yang lebih halus. Dengan munculnya internet untuk segalanya,  kehidupan sehari-hari kita terbawa kemanapun kita pergi. Mobilitas ini datang dengan keuntungan; konektivitas konstan dan informasi yang hampir tak ada habisnya di ujung jari kita. Namun, itu juga bisa membuat kita merasa kewalahan, jenuh dengan informasi dan berkewajiban untuk terus-menerus ‘mengikuti’ apa pun yang terjadi di siklus berita atau di media sosial.

Bagi banyak dari kita, dunia maya tidak senyata ruang fisik. Di dunia ‘nyata’ kita dapat dengan jelas mengidentifikasi bahaya dan menghindarinya. Online, ini menjadi lebih rumit. Hal ini dapat membuat kita memiliki rasa aman imajiner, terlepas dari risiko tak terhitung yang kita hadapi saat online setiap hari. Namun, menyadari psikologi di balik tindakan kita dapat membantu kita mengelola keberadaan digital kita dengan lebih baik dan mendekatinya dengan lebih penuh perhatian.

Macam-Macam fiturnya

Kemampuan merekam (recordability)

Salah satu fitur utama yang harus di waspadai di dunia maya adalah ‘recordability’. Semua yang kami lakukan secara online. Mulai dari konten yang kami bagikan secara publik atau tidak secara publik hingga percakapan pribadi dan lokasi kami, di dokumentasikan dan direkam. Pengalaman digital kami dapat di analisis, di tinjau kembali, dan bahkan di alami kembali. Ini dapat memiliki banyak efek positif, tetapi juga dapat menjadi bumerang dan di gunakan untuk melawan kita jika di akses oleh seseorang dengan niat jahat. Jadi, penting untuk selalu mempertimbangkan tidak hanya apa yang kita bagikan, tetapi siapa yang mungkin memiliki akses ke jejak digital kita.

Identitas fleksibel

Fitur lain dari kehidupan online adalah kemampuan untuk mengelola kesan dan identitas kita. Kurangnya karakteristik fisik dalam komunikasi, seperti penampilan, bahasa tubuh, dan ekspresi emosional dapat menjadi batasan untuk saling memahami. Tetapi mereka juga dapat memberi kita fleksibilitas untuk menyesuaikan diri digital kita dengan audiens yang berbeda.

Namun, itu juga dapat di gunakan untuk perilaku yang menyesatkan, jahat, dan bahkan bersifat kriminal. Sebagai contoh,

penipuan identitas atau penipuan phishing. Dalam kombinasi dengan catatan aktivitas digitalmu pelaku dapat menggunakan informasi pribadi yang tersedia untuk membangun hubungan yang lebih dekat dan, tampaknya, lebih dapat dipercaya denganmu.

Efek disinhibisi

Kunci teori cyberpsikologi terakhir untuk menganalisis perilaku kita adalah efek disinhibisi. Ini menjelaskan bagaimana cara kita bertindak berubah dalam lingkungan digital. Singkatnya, kami kurang terhambat dan tenang dan lebih terbuka dan percaya diri. Sedemikian rupa sehingga para peneliti sering membandingkan efek ini dengan mabuk.

Ini mungkin terdengar seperti hal yang baik; ‘keluar dari cangkang kita’ di seluruh masyarakat. Namun, ia memiliki sisi gelap. Banyak dari kita memiliki penilaian yang lebih buruk secara online dan lebih rentan untuk membuat keputusan yang buruk.

Mengapa cyberpsikologi penting?

Jelas bahwa internet dan teknologi telah memberi kita kebebasan, kenyamanan, dan konektivitas yang lebih besar. Tetapi, pada saat yang sama, penting untuk berhati-hati terhadap kemungkinan efek negatifnya. Dengan lebih memahami kelemahan psikologis kita sebagai manusia yang berinteraksi dengan teknologi, kita dapat menjadi lebih sadar, bertanggung jawab, dan aman secara online.

Ingin meningkatkan keamanan sibermu tetapi tidak yakin harus mulai dari mana? Mulai tahun 2021 dengan cara yang benar, dengan mendapatkan sertifikasi di Cyber ​​Essentials, skema pemerintah Inggris Raya yang mencakup semua dasar-dasar kebersihan dunia maya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.