Daftar Gunung Tertinggi di Malaysia

oleh -98 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Malaysia adalah tetangga terdekat dengan Indonesia, sehingga mendapat julukan negeri jiran. Malaysia terdiri dari dua wilayah yang terpisah oleh Laut Cina Selatan. (cva)

Di darat, Malaysia berbatasan dengan barat laut Pulau Kalimantan. Adapun di laut, Malaysia berbatasan dengan Pulau Sumatera yang terpisahkan oleh selat Malaka.

Karena berada sangat dekat dengan Indonesia, Malaysia memiliki bentang alam yang hampir sama juga dengan Indonesia.

Wilayah Malaysia memiliki banyak pantai, hutan hujan tropis, sungai, dan juga banyak pegunungan. Lima gunung tertinggi di Malaysia secara berurutan dari yang tertinggi yaitu:

Gunung Kinabalu

Yang menduduki peringkat pertama adalah Gunung Kinabalu yang menjulang setinggi 4.095 meter di atas permukaan laut. Gunung Kinabalu terletak di Sabah, tepatnya di Taman Kinabalu yang merupakan situs warisan dunia.

Gunung Kinabalu memiliki variasi iklim membuatnya menjadi rumah bagi 6.000 spesies tumbuhan. Dalam daftar tersebut termasuk Bunga Raflesia yang merupakan bunga terbesar di dunia yang langka.

Melansir dari situs Mount Kinabalu, nama Kinabalu berasal dari bahasa masyarakat Kadazan “Aki Kinebalu” yang berarti tempat orang mati yang dihormati. Hal tersebut di dasari legenda seorang Pangeran asal Cina yang meninggalkan seorang wanita Kadazan hingga wanita tersebut meratap dan menjadi batu.

Selain kekayaan alamnya, gunung Kinabalu juga lengkap pemandian air panas alami. Tak lupa juga, Kinabalu merupakan salah satu puncak tertinggi di dunia yang pendakiannya tidak terlalu sulit. Hal-hal tersebut menjadikan Kinabalu sebagai salah satu gunung paling populer untuk didaki.

Gunung Trusmadi

Peringkat kedua gunung tertinggi di Malaysia adalah Gunung Trusmadi yang menjulang setinggi 2.642 meter di atas permukaan laut. Gunung Trusmadi terletak di Sabah, tepatnya di hutan lindung paling besar Malaysia yaitu selsuas 184.527 hektar.

Gunung Trusmadi lebih sulit didaki dari Gunung Kinabalu. Berdasarkan situs Amazing Borneo, ada tiga jalur pendakian Gunung Trusmadi yaitu jalur Wayaan Kaingaran dari Tambunan (4,9 km), jalur Wayaan Mastan dari Keningau (4,3 km), dan juga Wayaan Mannan dari Sinua (11,3 km).

Keindahan Gunung Trusmadi terlatak pada keanekaragaman hayati, hibrida endemik yang eksotis, beragam spesies burung, dan pemandangannya yang indah.

Gunung Tambuyukon

Selanjutnya ada Gunung Tambuyukon, tertinggi ketiga di Malaysia. Yang menjulang setinggi 2,578 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di Sabah dan memiliki dua jalur pendakian yaitu dari Kota Marudu dan dari Poring.

Jalur pendakian Tambuyukon cukup sulit daripada dengan Kinabalu. Bahkan menurut cerita yang beredar, nama Tambuyukon berasal dari bahasa setempat yang berarti curang.

Hal tersebut merajuk pada seorang pemandu yang terus-menerus berkata bahwa puncak Tambuyukon sudah dekat tapi sebenarnya masi jauh.

Gunung Murud

Turun ke posisi keempat, gunung tertinggi di Malaysia adalah Gunung Murud. Gunung Murud terletak di Sarawak dan menjulang setinggi 2423 meter di atas permukaan laut. Jalur gunung ini termasuk sulit didaki dan membutuhkan bantuan pemandu untuk bisa sampai di puncaknya.

Gunung ini juga memiliki taman batu Lawi. Yang peling terkanal adalah dua batu raksasa dan fomasi batu yang menyerupai anjing.

Pada tahun 1990 masyarakat Lun Bawang mendirikan kamp Gereja di Gunung Murud yang masih beroperasi hingga sekarang. Tak heran, pendakian Gunung Murud sering disebut dengan perjalanan menuju Tuhan.

Gunung Mulu

Posisi kelima gunung tertinggi di Malaysia diduduki oleh Gunung Mulu yang menjulang setinggi 2.376 meter di atas permukaan laut.

Gunung Mulu terletak di Sarawak memiliki hutan hujan, beragam spesies palem, beragam jenis anggrek, tumbuhan kantong semar yang langka, dan berbagai satwa liar.

Gunung Mulu juga merupakan situs Warisan Dunia UNESCO mencakup Taman Nasional Gunung Mulu seluas 52.855 hektar.

Melansir dari UNESCO World Heritage Centre, Gunung Mulu merupakan kawasan karst tropis dengan banyak gua yang telah mengungkap 1,5 juta tahun sejarah geologi. Menjadikannya salah satu kawasan yang paling banyak dipelajari di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *