Daftar Jurusan Kuliah IPA Sesuai Minat

oleh -119 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Banyak banget daftar jurusan kuliah yang bisa kamu pilih sesuai minat kamu jika kamu senang atau ingin masuk jurusan IPA. Laporan McKinsey & Company di Indonesia mendapati, pada 2030 nanti. Akan ada banyak jenis profesi yang hilang, muncul, dan bertransformasi karena bidangnya terdampak automasi. Simak informasinya! (jerrell)

1. Programmer

Anak IPA di SMA yang tertarik dengan pemrograman sistem dan pengembangan apps, bisa banget nih mendalami ilmu untuk menjadi seorang programer. Dikutip dari laman resmi ITB, seorang sarjana informatika bisa menjadi system programmer ataupun application developer. Misal di bidang perbankan, telekomunikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan lain-lain.

Kamu bisa mengambil jurusan Teknik Informatika untuk menjadi seorang programmer. Lulusan Teknik Informatika juga bisa menjadi system analyst, system integrator, database engineer, web engineer, data communication engineer, software tester, game developer, dan intelligent system developer.

Di saat percepatan transformasi digital ini, kamu juga bisa menjadi programmer untuk online commerce company dan perusahaan logistik yang berkembang dinamis.

2. Profesi konstruksi

Kalau kamu tertarik mendalami perancangan dan pembangunan perumahan, transportasi, sanitasi, dan berbagai kebutuhan di lingkungan, masuk jurusan Teknik Sipil bisa jadi adalah jawaban buatmu. Anak IPA SMA yang masuk jurusan Teknik Sipil bisa belajar prinsip-prinsip teknik untuk memenuhi kebutuhan dasar sebuah komunitas seperti perumahan dan transportasi di atas.

Teknik Sipil berhubungan dengan perancangan, konstruksi, dan pemeliharaan bangunan fisik dan lingkungan. Termasuk di dalamnya adalah jalan, jembatan, kanal, bendungan dan bangunan serta tantangan lainnya, seperti memburuknya infrastruktur, isu lingkungan yang kompleks, sistem transportasi yang sudah ketinggalan jaman dan bencana alam, seperti dikutip dari laman resmi ITB.

Nah, pendidikan Teknik Sipil menyiapkan kamu untuk menjadi seorang perencana, perancang, konstruktor, dan manajer dari berbagai pekerjaan teknik sipil. Teknik Sipil bekerja pada semua tingkatan seperti pada sektor umum, mulai dari pembangunan kota, hingga pembangunan nasional, dan sektor privat atau swasta, mulai dari kepemilikan pribadi atau di perusahaan multinasional.

3. Profesi di sektor manufaktur

Pernah dengar jurusan Teknik Industri? Lulusan Teknik Industri sangat dibutuhkan khususnya untuk menangani perencanaan dan pengendalian produksi, pengendalian kualitas, pengembangan sistem manajemen kualitas. Hampir semua perusahaan membutuhkan ini, khususnya perusahaan manufaktur. Contohnya, perusahaan manufaktur kendaraan, alat berat, material, dan lainnya, seperti dikutip dari laman resmi ITB.

Lulusan Teknik Industri juga belajar soal efektivitas, efisiensi, dan produktivitas. Itu sebabnya lulusan Teknik Industri juga mempelajari ilmu manajemen dan ilmu sosial seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen SDM. Kemudian, ekonomi, akuntansi biaya, dan psikologi industri saat kuliah.

Karena itu juga, siswa jurusan IPA di SMA yang masuk jurusan Teknik Industri juga bisa menjalani berbagai profesi di di bidang pemasaran. Kemudian, logistik, manajemen SDM, keuangan, konsultasi manajemen, dan sistem informasi.

4. Profesi di sektor kesehatan

Siswa jurusan IPA di SMA tentu tidak asing ya dengan profesi dokter. Di samping mendalami ilmu kedokteran dan spesialisasinya di jurusan Kedokteran beserta program magisternya. Siswa jurusan IPA di SMA yang berminat di bidang kesehatan juga bisa menjadi ahli gizi, ahli farmasi, peneliti di bidang kesehatan masyarakat, dan profesi lainnya.

Karenanya, siswa jurusan IPA di SMA juga bisa mempelajari lebih jauh tentang jurusan Ilmu Gizi, Farmasi, dan jurusan-jurusan yang tersedia di Fakultas Kesehatan Masyarakat sebelum berkuliah.

Tadi adalah Daftar Jurusan Kuliah IPA Sesuai Minat. Simak informasi lainnya di sini!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.