Daftar Jurusan Kuliah IPA Sesuai Minat

oleh -168 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Banyak banget daftar jurusan kuliah yang bisa kamu pilih sesuai minat kamu jika kamu senang atau ingin masuk jurusan IPA. Laporan McKinsey & Company di Indonesia mendapati, pada 2030 nanti, ada banyak jenis profesi yang hilang, muncul, dan bertransformasi karena bidangnya terdampak automasi. Simak informasinya! (jerrell)

1. Arsitek

Untuk bisa menjadi arsitek, siswa jurusan IPA di SMA bisa meneruskan kuliah di prodi Arsitektur. Setelah itu, kamu akan lanjut belajar di program Profesi Arsitek lewat proses kualifikasi oleh Asosiasi Profesi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), seperti dikutip dari laman Universitas Indonesia.

Lulusan prodi Arsitektur juga bisa bekerja dalam pengawasan pembangunan konstruksi dan industri interior. Tidak sampai di situ, kamu juga bisa berkarier menjadi asesor untuk studi kelayakan proyek, pengelola bangunan dan lingkungan, bekerja di industri bahan dan elemen bangunan.

Kamu juga bisa bekerja di sektor pemerintah dalam urusan tata-bangunan, pembangunan gedung, dan yang berkaitan dengan bina lingkungan.

2. Software Engineers

Percepatan transformasi digital yang didorong pandemi juga membuat banyak layanan makin disediakan secara digital. Nah, di situlah peran software engineer hadir. Seorang software engineer sebelumnya belajar membuat dan mengembangkan software atau perangkat lunak, termasuk sistem software atau perangkat lunak sistem dan tools software (perangkat lunak penunjang).

Untuk menjadi seorang software engineer, kamu bisa belajar software engineering perkuliahan. Di Universitas Indonesia misalnya, kamu bisa masuk prodi Ilmu Komputer. Sejumlah perguruan tinggi juga menamai prodinya sebagai Teknik Informatika, Ilmu Komputasi, Informatika, Ilmu Informatika, hingga Matematika Komputasi. Biar tepat, kamu bisa pelajari kurikulumnya dulu ya sebelum pilih jurusan.

Dikutip dari laman Universitas Indonesia, lulusan Ilmu Komputer umumnya juga diperlukan oleh perusahaan yang membutuhkan tenaga system analyst, IT manager, web developer, software engineer, seperti di industry perangkat lunak, perbankan, atau institusi pemerintahan.

3. Psikolog

Apakah kamu ingin masuk jurusan IPA di SMA tapi ingin kuliah di jurusan Psikologi? Tenang, jurusan Psikologi tersedia di rumpun sosial humaniora dan rumpun saintek sesuai dengan ketentuan perguruan tinggi masing-masing. Ini artinya, baik anak IPA dan IPS di SMA bisa jadi Psikolog tanpa harus ikut seleksi masuk perguruan tinggi lintas jurusan.

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan aplikasinya pada masalah yang dihadapi manusia. Setelah lulus sebagai sarjana Psikologi, nanti kamu bisa mengambil magister psikologi atau magister psikologi profesi.

Tadi adalah Daftar Jurusan Kuliah IPA Sesuai Minat. Simak informasi lainnya di sini!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.