,

Fakta Unik Swiss, Negara Terdamai Di Dunia

oleh -141 views
Fakta unik swiss

ZETIZEN RADAR CIREBON – Swiss terkenal karena dihiasi oleh pegunungan Alpen yang mempesona, kemudian produk jam tangannya yang mewah nan elegan. Swiss juga menjadi negara penghasil cokelat terbaik di dunia hingga beragam keju khas dari tiap daerahnya.

Tetapi, negara yang berbatasan dengan Jerman ini juga memiliki deretan cerita unik nan menarik. Berikut beberapa fakta unik Swiss, negara terdamai dan teraman di dunia! (rsn)

1. Harus punya hubungan harmonis dengan tetangga jika ingin membuat paspor

Bila di Indonesia syarat untuk mendapatkan paspor cukup dengan membawa berkas-berkas penting dan punya kepentingan ke luar negeri, berbeda dengan di Swiss. Di sini untuk mendapatkan paspor setidaknya harus sudah 10 tahun menetap dan bekerja dan tinggal di kota yang sama setidaknya selama tiga tahun terakhir.

Selain itu, untuk mendapatkan paspor, penduduk Swiss juga harus ‘lulus’ ujian dengan otoritas setempat. Adapun ujian tersebut dengan menjawab pertanyaan, salah satunya mengenai hubungan dengan tetangga sekitar. Jika kurang harmonis maka jangan harap bisa punya paspor.

2. Sapi dan hewan lainnya bebas berkeliaran dimana saja

Jangan merasa aneh ketika sedang berjalan-jalan di Swiss tiba-tiba menemukan seekor atau segerombolan sapi dan kambing yang berkeliaran bebas di Swiss. Mereka diperbolehkan untuk bekeliaran bebas di Swiss.

3. Banyak ditemukan papan peringatan aneh/nggak masuk akal

Swiss, memiliki banyak poster dan papan peringatan yang unik. Seperti dilarang memakai high heels saat mendaki gunung, dan lain-lain. Gambar posternya pun nyeleneh, dan berbeda dari poster pada umumnya.

Baca juga : 5 Destinasi Wisata di Swiss yang Wajib Dikunjungi

Penduduk Swiss juga percaya akan adanya Unicorn atau kuda terbang. Hal tersebut terpampang nyata di berbagai papan peringatan yang tersebar di Swiss. Yaitu adanya papan peringatan dengan gambar Unicorn.

4. Halte bus di puncak gletser

Gletser Rhone merupakan gletser yang ada di Pegunungan Alpen Swiss. Uniknya, di puncak gunung es ini terdapat halte bus. Letaknya berada di atas menara lebih dari 200 M di ketinggian 2882 M di tengah Gletser. Kira-kira siapa yang bakalan naik, ya?

5. Pohon natal di Stasiun Zurich berhias kristal

Fakta unik Swiss selanjutnya, jika kamu berselancar di internet atau berkesempatan datang ke Stasiun Zurich, coba tengok pohon Natal yang ada di sana.

Mewah, mungkin itu yang akan kamu katakan. Bagaimana tidak, pohon Natal tersebut dihiasi 6 ribu kristal Swarovski. Tentu, dekorasi mewah ini menelan biaya yang tak sedikit, kurang lebih sekitar 500 ribu dolar Amerika atau setara dengan Rp 7 miliar.

6. Diperbolehkan untuk memakan hewan peliharaan

Penduduk di wilayah Appenzell diizinkan untuk memakan hewan peliharaannya, seperti kucing, anjing dan babi guinea. Meski begitu, tradisi lama ini melarang untuk memberikan kepada tetangga dan menjual daging hewan peliharaan.

7. Jadwal kereta anti ngaret alias tepat waktu

Di Swiss, kereta jadi transportasi primadona masyarakat, kalah jauh dengan mobil. Bahkan para CEO perusahaan besar pun juga menggunakan kereta.

Karena peminatnya begitu tinggi, jadwal kereta di Swiss sangat tepat waktu. Alhasil, bepergian ke mana pun termasuk ke desa bukanlah hal yang sulit.

8. Tidak memiliki Ibukota dan Presiden

Disini tidak ada presiden atau ibukota Swiss, tetapi ada 4 bahasa resmi di negara ini. Warga memiliki hak untuk membatalkan undang-undang yang diloloskan oleh parlemen dan tidak pernah ada konflik rasial di Swiss.

9. Suap merupakan hal yang legal

Pada 2017, Swiss mengambil tempat ke-3 dalam peringkat negara-negara yang secara aktif melawan penyuapan. Apa yang menarik adalah bahwa Swiss memutuskan untuk membuat suap “legal” dalam bentuk pembayaran untuk layanan tertentu. Mereka pikir itu akan lebih efektif daripada melawan suap.

Baca juga : Perlintasan Kereta Api Terindah di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.