Fakta Unik Tapir yang Wajib Kamu Ketahui (Part 2)

oleh -142 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tapir merupakan binatang herbivora yang memakan dedaunan muda di sepanjang hutan atau di pinggiran sungai. Sejak tahun 2008, IUCN atau International Union for Conservation of Nature menyatakan bahwa mereka termasuk hewan yang terancam punah. Karena itu, dibutuhkan berbagai upaya konservasi untuk mempertahankan keberadaan hewan lucu ini. (cva)

Yuk, ketahui fakta unik tapir (Part 2) berikut ini!

6. Punya kemampuan berjalan dalam air

Walaupun mamalia, hewan ini adalah perenang dan penyelam yang baik. Tentunya kemampuan ini dibantu dengan belalai yang mereka miliki. Hewan yang bisa hidup hingga 30 tahun tersebut biasa menyelam untuk pertahanan diri, mencari makanan, mendinginkan suhu tubuh, dan untuk kawin. Mereka bisa berjalan dengan gesit di dalam air.

7. Termasuk binatang yang hidup berkelompok

Mereka adalah hewan sosial, mereka suka berkelompok dengan keluarga besarnya. Kelompok tapir biasa disebut dengan “candle”.

8. Masa kehamilan betina bisa mencapai lebih dari setahun

Tapir betina harus melalui 13 hingga 14 bulan masa kehamilan untuk bisa melahirkan satu anak. Ini merupakan hal yang mencengangkan mereka masih ada di Bumi dengan tingkat pertumbuhan yang relatif rendah.

Meskipun begitu, ia tergolong hewan yang terancam punah. Populasinya diperkirakan telah menurun sekitar 30 hingga 50 persen dalam waktu 33 tahun terakhir. Ini disebabkan karena hewan ini kehilangan habitat, perburuan ilegal, dan dibunuh karena merusak ladang.

9. Tapir sering disebut sebagai fosil yang hidup

Hewan nokturnal ini sudah ada sekitar puluhan juta tahun yang lalu. Mereka telah melewati banyak tahap kepunahan tapi masih bertahan hingga saat ini. Terdapat empat jenis tapir yang masih hidup, yaitu tapir gunung, Amerika Tengah, Asia, dan Amerika Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.