,

Fenomena Langit di Bulan Juli 2021 (Part 1)

oleh -260 views

Zetizen Radar Cirebon – Tak terasa kita telah tiba di bulan Juli ya, sobat! Di bulan Juli ini, kita akan menjumpai fenomena langit yang rasanya sayang untuk dilewatkan begitu saja tanpa kita amati. Namun di sisi lain, tentunya untuk dapat mengamat dengan baik unsur cuaca harus turut mendukung. Jangan sampai langit tertutup awan atau polusi cahaya yang berlebih seperti di kota-kota besar, ya! (Susan)

Berikut adalah fenomena yang akan kita jumpai di langit pada bulan Juli 2021, apa saja ya kira-kira? Mari simak pembahasan berikut!

1. Konjungsi Venus dengan M44 – 3 Juli 2021

Messier 44 / M44
Source by pinterest

Pada 3 Juli mendatang, di langit akan tampak konjungsi antara Venus dengan gugus bintang Beevie atau Messier 44 (M44). Akan dapat teramati pada pukul 18.00 waktu setempat di daerahmu ketika ketinggian keduanya berada sekitar 21° di atas cakrawala barat laut. Kemudian, dapat teramati kira-kira selama 1 jam 53 menit setelah matahari terbenam, yang berarti akan selesai pada pukul 19.53 waktu setempat daerahmu.

2. Waktu Terbaik Melihat Merkurius – 5 Juli 2021

Planet Merkurius
Source by pinterest

Waktu ini terbilang waktu terbaik untuk melihat Merkurius. Pasalnya, Merkurius akan berada setinggi 20° dari cakrawala sebelah timur.

3. Konjungsi Bulan dengan Merkurius – 8 Juli 2021

Ilustrasi Merkurius dengan Bulan
Ilustrasi konjungsi bulan dengan merkurius

Jika pada tanggal 5 Juli nanti kamu belum juga menemukan dimana letak Merkurius, maka pada tanggal ini Bulan akan membantu memberitahumu dimana letaknya. Pasalnya, Bulan Sabit akan berada dalam titik konjungsi yang hanya terpisah sejauh 3° saja dari Merkurius.
Keduanya akan terlihat di langit timur pada pukul 04.30 dini hari waktu setempat daerahmu, atau sekitar 1 jam 30 menit sebelum matahari terbit.

4. Konjungsi Bulan dengan Venus dan Mars – 12 Juli 2021

Kali ini, Bulan akan berada dekat dengan Venus dan Mars di langit sebelah barat. Venus dan Mars akan berada di sebelah selatan Bulan sejauh 3°. Fenomena ini dapat kamu amati hingga pukul 19.30 waktu setempat daerahmu karena mereka akan mulai terbenam akibat adanya rotasi bumi.

Baca Fenomena Langit di Bulan Juli 2021 (Part 2) di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.