,

Fenomena Langit di Bulan Juli 2021 (Part 2)

oleh -390 views

Zetizen Radar Cirebon – Tak terasa kita telah tiba di bulan Juli ya, sobat! Di bulan Juli ini, kita akan menjumpai fenomena langit yang rasanya sayang untuk dilewatkan begitu saja tanpa kita amati. Namun di sisi lain, tentunya untuk dapat mengamat dengan baik unsur cuaca harus mendukung. Jangan sampai langit tertutup awan atau polusi cahaya yang berlebih seperti di kota-kota besar. (Susan)

Berikut adalah fenomena yang akan kita jumpai di langit pada bulan Juli 2021, apa saja ya kira-kira? Mari simak pembahasan berikut!

Baca part sebelumnya, di sini

5. Super Konjungsi Venus dan Mars – 13 Juli 2021

Ilustrasi super konjungsi Venus dan Mars
Ilustrasi super konjungsi Venus dan Mars

Kali ini, kita dapat menyaksikan super konjungsi antara Venus dengan Mars yang keduanya berada pada ketinggian 24° di atas ufuk barat. Planet tersebut dapat teramati mulai pukul 18.00 waktu setempat sampai dengan pukul 20.00 waktu setempat. Hanya dalam rentang 2 jam saja mereka terlihat, karena setelah itu mereka akan terbenam.

6. Fase Bulan Purnama dan Konjungsi Bulan dengan Saturnus – 24 Juli 2021

Ilustrasi konjungsi bulan dengan Saturnus
Ilustrasi konjungsi Bulan dengan Saturnus

Pada hari yang sama, dua fenomena ini muncul. Namun dengan waktu yang berbeda.
Untuk konjungsi Bulan dengan Saturnus dapat teramati di langit timur sekitar 1 jam setelah matahari terbenam. Lalu keduanya akan berada di titik tertinggi yakni 77° di atas cakrawala selatan pada pukul 00.30 waktu setempat daerahmu dan dapat terus teramati sampai matahari terbit.

7. Segitiga Bulan, Jupiter, dan Saturnus – 25 Juli 2021

Ilustrasi segitiga Bulan, Jupiter dan Saturnus
Ilustrasi segitiga Bulan, Jupiter dan Saturnus

Pada hari itu, 3 objek akan terlihat di langit timur dan membentuk formasi segitiga pada pukul 21.00 waktu setempat daerahmu dengan Jupiter yang berada 5° arah timur laut, dan Saturnus di 12° barat dari bulan. Untuk batas waktunya tersendiri ialah sampai matahari terbit dan menyinari langit, sehingga Jupiter dan Saturnus akan terlihat redup akibat kalah terang oleh sinar matahari.

8. Hujan Meteor Piscis Austrinid – 29 Juli 2021

Hujan meteor Piscis Austrinid
Source by idntimes.com

Hujan meteor ini akan datang dari arah konstelasi Piscis Austrinus yang akan terjadi pada pukul 04.00 dini hari waktu setempat. Selanjutnya, rasi bintang ini akan berada setinggi 45° dari cakrawala barat daya. Jika beruntung, kamu dapat mengamati 5 meteor per jam. Ingat ya, itu apabila lokasimu minim polusi cahaya dan kondisi cuaca sedang bersahabat.

9. Hujan Meteor Delta Aquarid Selatan – 30 Juli 2021

Hujan Meteor Delta Aquarid Selatan
Source by pinterest

Apabila kamu tak sempat mengamati hujan meteor kemarin, pada tanggal 30 Juli nanti masih ada kesempatan untukmu! Kali ini, jumlah meteor yang dapat teramati mencapai 25 meteor per jam. Waktu terbaik menyaksikan fenomena ini adalah saat titik radiannya berada di atas kepala yakni pukul 02.00 waktu daerah setempatmu, karena dengan begitu pandangan akan optimal ke arah sumber datangnya meteor.

10. Bentangan Bimasakti – Sepanjang Bulan Juli

Bentangan Bimasakti
Source by info astronomy

Sepanjang bulan Juli, bentangan Bimasakti dapat teramati lagi-lagi apabila kondisi memungkinkan seperti halnya kondisi cuaca dan polusi cahaya. Bimasakti mulai terbit pada sore hari dan baru akan terbenam saat menjelang sepertiga malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.