Gangguan Depresi Mayor! Gejala, Penyebab, Perawatan

oleh -71 views
gangguan depresi mayor

ZETIZEN RADAR CIREBON – Gangguan Depresi Mayor adalah gangguan suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat yang terus-menerus. Juga di sebut gangguan depresi mayor atau depresi klinis. itu mempengaruhi bagaimana Anda merasa, berpikir, dan berperilaku dan dapat menyebabkan berbagai masalah emosional dan fisik. (herdi)

Anda mungkin mengalami kesulitan melakukan aktivitas normal sehari-hari, dan terkadang Anda mungkin merasa seolah-olah hidup tidak layak untuk dijalani.

Gejala Gangguan Depresi Mayor

Meskipun gangguan depresi mayor mungkin terjadi hanya sekali selama hidup Anda, orang biasanya memiliki beberapa episode. Selama episode ini, gejala terjadi hampir sepanjang hari, hampir setiap hari dan mungkin termasuk:

  • Perasaan sedih, air mata, kekosongan atau keputusasaan
  • Ledakan kemarahan, lekas marah atau frustrasi, bahkan untuk hal-hal kecil
  • Kehilangan minat atau kesenangan dalam sebagian besar atau semua aktivitas normal, seperti seks, hobi, atau olahraga
  • Gangguan tidur, termasuk insomnia atau terlalu banyak tidur
  • Kelelahan dan kekurangan energi, sehingga tugas-tugas kecil pun membutuhkan usaha ekstra
  • Berkurangnya nafsu makan dan penurunan berat badan atau meningkatnya keinginan untuk makan dan penambahan berat badan
  • Kecemasan, agitasi atau kegelisahan
  • Memperlambat berpikir, berbicara atau gerakan tubuh
  • Dan lainnya

Bagi banyak orang dengan GDM, gejala biasanya cukup parah untuk menyebabkan masalah nyata dalam aktivitas sehari-hari, seperti pekerjaan, sekolah, aktivitas sosial, atau hubungan dengan orang lain. Beberapa orang mungkin merasa umumnya sengsara atau tidak bahagia tanpa benar-benar mengetahui alasannya.

Gejala Gangguan Depresi Mayor Pada Anak-Anak dan Remaja

Tanda dan gejala umum gangguan depresi mayor pada anak-anak dan remaja mirip dengan orang dewasa, tetapi mungkin ada beberapa perbedaan.

  • Pada anak-anak yang lebih muda, gejala GDM mungkin termasuk kesedihan, lekas marah, kemelekatan, khawatir, sakit dan nyeri, menolak untuk pergi ke sekolah, atau kekurangan berat badan.
  • Pada remaja, gejala mungkin termasuk kesedihan, lekas marah, merasa negatif dan tidak berharga, marah, kinerja yang buruk atau kehadiran yang buruk di sekolah, merasa di salahpahami dan sangat sensitif, menggunakan narkoba atau alkohol, makan atau tidur terlalu banyak, menyakiti diri sendiri, kehilangan minat. dalam aktivitas normal, dan menghindari interaksi sosial.

Penyebab

Tidak di ketahui secara pasti apa yang menyebabkan GDM. Seperti banyak gangguan mental, berbagai faktor mungkin terlibat, seperti:

  • Perbedaan biologis. Orang dengan GDM tampaknya memiliki perubahan fisik di otak mereka. Pentingnya perubahan ini masih belum pasti, tetapi pada akhirnya dapat membantu menentukan penyebabnya.
  • Kimia otak. Neurotransmitter adalah bahan kimia otak yang terjadi secara alami yang kemungkinan berperan dalam GDM. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa perubahan fungsi dan efek neurotransmiter ini dan bagaimana mereka berinteraksi dengan sirkuit saraf yang terlibat dalam menjaga stabilitas suasana hati dapat memainkan peran penting dalam GDM dan pengobatannya.
  • Hormon. Perubahan keseimbangan hormon tubuh mungkin terlibat dalam menyebabkan atau memicu GDM. Perubahan hormon dapat terjadi pada kehamilan dan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah melahirkan (pasca melahirkan) dan dari masalah tiroid, menopause atau sejumlah kondisi lainnya.
  • Sifat-sifat yang di wariskan. GDMlebih sering terjadi pada orang yang kerabat darahnya juga memiliki kondisi ini. Para peneliti sedang mencoba untuk menemukan gen yang mungkin terlibat dalam menyebabkan GDM.

Perawatan

Penanganan yang di anjurkan biasanya adalah pengobatan, terapi bicara, atau gabungan keduanya. Semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa penanganan semacam ini dapat menormalkan perubahan otak yang berhubungan dengan GDM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.