Hal yang Perlu Diketahui Tentang Kleptomania

oleh -81 views
fakta kleptomania

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kleptomania adalah gangguan kesehatan mental yang langka namun serius yang di tandai dengan ketidakmampuan berulang untuk menahan dorongan untuk mencuri barang. Jika tidak di obati, kleptomania dapat mengakibatkan masalah emosional, keluarga, pekerjaan, hukum, dan keuangan yang parah. (herdi)

Baca Lengkapnya : Kleptomania! Ketahui Lebih Lanjut Tentangnya

Pengidap Kleptomania Tidak BIsa Mengontrolnya

Kleptomania adalah jenis gangguan kontrol impuls. Mereka dengan gangguan kontrol impuls mengalami kesulitan menahan godaan untuk melakukan tindakan yang berlebihan atau berbahaya bagi diri mereka sendiri atau orang lain. Faktanya, tidak seperti pengutil pada umumnya, pengidap kleptomania tidak mencuri secara kompulsif untuk keuntungan pribadi. Mereka mencuri hanya karena dorongan itu begitu kuat sehingga mereka tidak dapat menahannya.

Selain ketidakmampuan menahan keinginan untuk mencuri, penderita klepto juga dapat menunjukkan gejala berikut:

  • Perasaan peningkatan ketegangan, kecemasan atau gairah yang mengarah ke pencurian
  • Merasakan kesenangan, kelegaan atau kepuasan saat mencuri steal
  • Merasa sangat bersalah, menyesal, membenci diri sendiri, malu atau takut di tangkap setelah pencurian
  • Kembalinya dorongan dan pengulangan siklus

Episode kleptomania umumnya terjadi secara spontan, biasanya tanpa perencanaan dan tanpa bantuan atau kerjasama dari orang lain. Kebanyakan penderitanya mencuri dari tempat umum, seperti toko dan supermarket. Seringkali, barang curian tidak memiliki nilai bagi penderita klepto dan orang tersebut mampu membelinya. Dorongan untuk mencuri mungkin datang dan pergi atau mungkin terjadi dengan intensitas yang lebih besar atau lebih kecil dari waktu ke waktu.

Sementara penyebabnya tidak di ketahui, ada beberapa teori yang menyatakan bahwa perubahan di otak mungkin menjadi akar dari kleptomania, termasuk:

  • Kadar serotonin rendah. Serotonin adalah bahan kimia otak alami yang membantu mengatur suasana hati dan emosi. Tingkat serotonin yang rendah umum terjadi pada orang yang rentan terhadap perilaku impulsif.
  • Gangguan adiktif. Mencuri dapat menyebabkan pelepasan dopamin (neurotransmitter lain). Dopamin menyebabkan perasaan yang menyenangkan, dan beberapa orang mencari perasaan yang bermanfaat ini berulang kali.
  • Sistem opioid otak. Dorongan di atur oleh sistem opioid otak. Ketidakseimbangan dalam sistem ini bisa membuat lebih sulit untuk menahan dorongan.

Terapi Kognitif untuk Meringankan Gejala Klepto

Terapi yang di gunakan untuk pengidap kleptomania adalah teori kognitif. Menjalani teori kognitif akan mengurangi keinginan untuk mencuri atau mengambil barang orang lain. Terapi ini bisa di gunakan oleh pengidap kleptomania untuk mengenal hasrat keinginan mencuri. Dengan melakukan terapi ini, pengidap klepto di latih untuk melakukan hal positif ketika hasrat itu muncul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.