Hewan Nasional dari Berbagai Negara (Part 1)

oleh -169 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setiap negara pasti mempunyai ciri khasnya sendiri baik itu budaya ataupun keragaman hayatinya. Salah satu dari keragaman itu adalah fauna. Setiap negara mempunyai hewan nasional yang menjadi identitasnya. Spesies yang menjadi hewan nasional biasanya hewan yang langka ataupun unik yang tidak ada di negara lain. (cva)

Nah berikut ini ada 5 hewan nasional dari berbagai negara (Part 1). Untuk menambah wawasanmu yuk cari tahu di sini!

1. Burung Kiwi (Selandia Baru)

Burung Kiwi merupakan endemik Selandia Baru yang merupakan spesies lain dari burung yang tidak dapat terbang. Ukuran burung kiwi seukuran dengan ayam domestik. Burung ini satu-satunya genus dalam familia Apterygidae. Seluruh spesies burung kiwi merupakan spesies terancam punah dan sangat langka.

Dengan sahnya burung ini sebagai ikon Selandia Baru, pemerintah berharap agar hal ini akan mendorong banyak upaya untuk melestarikan dan menjaga kelangsungan hidup burung kiwi agar tidak punah.

2. Vicuna (Peru)

Vicuna atau Vikuna merupakan hewan yang hidup di dataran tinggi Andes dan salah satu dari dua Camelid Amerika Selatan. Hewan ini masih berkerabat dengan llama dan diyakini sebagai nenek moyang liar Alpaca yang menjadi hewan peliharaan saat ini. 

Vicuna juga menghasilkan sejumlah kecil wol yang sangat halus. Wol yang berasal dari Vicuna sangatlah mahal karena Vicuna hanya dapat dicukur selama tiga tahun sekali dan harus masyarakat tangkap di alam bebas.

3. Dugong (Papua Nugini)

Dugong atau duyung adalah jenis mamalia laut yang dapat hidup sampai dengan umur 22-25 tahun. Hewan ini merupakan anggota Sirenia atau lembu laut yang masih bertahan hidup selain Manatee. Walaupun Dugong hidup di air asin ia adalah hewan menyusui dan merupakan kerabat evolusi dari gajah. Dugong adalah hewan pemakan tumbuhan laut dan bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik.

4. Komodo (Indonesia)

Dari sekian banyak spesies hewan unik, Indonesia menjadikan Komodo sebagai hewan nasional. Komodo (Varanus Komodoensis) adalah spesies biawak dan kadal terbesar di dunia dengan rata-rata panjang 2 hingga 3 meter dan beratnya mencapai 100 kilogram. 

Komodo terkenal dengan julukan biawak komodo dan berasal dari familia Varanidae. Habitat Komodo sendiri berada di Pulau Komodo, Rinca Flores, Gili Motang dan Gili Dasami Provinsi Nusa Tenggara Timur. Saat ini habitat komodo telah menyusut karena aktivitas manusia sehingga IUCN memasukan Komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan.

5. Panda (Tiongkok)

Panda termasuk ke dalam famili Ursidae, seekor mamalia yang biasanya terklasifikasikan ke dalam keluarga beruang. Hewan dengan ciri khas bulu hitam dan putih ini menjadi lambang negara China dan saat ini ditampilkan pada uang emas negara tersebut. Dalam bahasa China sendiri Panda mempunyai nama “Xiong Mao” yang berarti “Kucing Beruang“.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.