Hewan Nasional dari Berbagai Negara (Part 2)

oleh -263 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setiap negara pasti mempunyai ciri khasnya sendiri baik itu budaya ataupun keragaman hayatinya. Salah satu dari keragaman itu adalah fauna. Setiap negara mempunyai hewan nasional yang menjadi identitasnya. Spesies yang menjadi hewan nasional biasanya hewan yang langka ataupun unik yang tidak ada di negara lain. (cva)

Nah berikut ini ada 4 hewan nasional dari berbagai negara (Part 2). Untuk menambah wawasanmu yuk cari tahu di sini!

1. Bald Eagle (Amerika Serikat)

Elang Botak (Bald Eagle) atau Haliaeetus Ieucocephalus adalah burung pemangsa yang terdapat di Amerika Utara. Karena mempunyai tubuh yang besar, kepakan sayap burung ini bisa membentang lebih dari dua meter.

Walaupun bernama Elang Botak tapi sebenarnya burung ini tidaklah botak. Kegagahan Elang Botak menjadikannya sebagai burung nasional dan lambang dari negara adidaya Amerika Serikat.

2. Sable Antelope (Zimbabwe)

Sable Antelope (Hippotragus Niger) adalah hewan nasional Zimbabwe. Hewan ini sering menjadi buruan para fotografer karena keindahan tanduk pedangnya yang sangat tajam dan kuat. Sable Antelope merupakan hewan yang sangat agresif ketika menghadapi suatu bahaya. Pertempuran dengan lawan biasanya dilakukan dengan berlutut dibarengi dengan sapuan cepat dari tanduknya.

3. Jerapah (Tanzania)

Jerapah mempunyai nama ilmiah “Giraffa Camelopardalis” adalah mamalia berkuku genap yang merupakan endemik Afrika.

Hewan ini masih berkerabat dengan Sapi dan Rusa tapi berasal dari suku yang berbeda dan kerabat terdekatnya adalah Okapi. Tinggi hewan ini dapat mencapai 4,8 hingga 5,5 meter dan berat mencapai 1.360 kilogram. Jerapah betina biasanya sedikit lebih ringan dan pendek daripada jantan.

4. Kangguru (Australia)

Hewan yang menjadi ikon Australia ini adalah Marsupial dari keluarga Marcopodidae atau Makropoda yang berarti “kaki besar”. Kangguru memiliki kaki belakang yang besar kuat dan ekornya panjang berotot. Yang berguna untuk melompat dan menjaga keseimbangan tubuhnya. Kantung yang terdapat dalam tubuh Kangguru betina bernama marsupium. Hewan ini muncul pada lambang Australia dan pada beberapa mata uang negara tersebut.

Nah, itulah tadi beberapa hewan unik yang menjadi hewan nasional di berbagai negara. Favoritmu yang mana, nih sob?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.