Ini Alasan Mengapa Makanan Panas Tidak Boleh Ditiup

oleh -96 views
source: aplikita.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pasti kamu seringkali di hadapkan dengan menu makanan atau minuman yang baru saja matang dan masih panas. Banyak orang yang meniup makanan atau minuman tersebut agar bisa cepat kamu konsumsi. Namun, tahukah kamu kalau makanan dan minuman yang panas sebaiknya jangan kamu tiup. Kali ini kita akan membahas alasan mengapa makanan panas tidak boleh ditiup. (tika)

Saat kamu meniup suatu makanan, terjadi perpindahan panas dan penguapan tersebut mengalami pengingkatan. Oleh karena itu, napas yang kamu tiup membuat makanan menjadi lebih cepat dingin. Ada dua alasan mengapa jangan meniup makanan agar cepat dingin.

Alasan pertama mengapa makanan jangan kamu tiup yaitu dapat berpotensi menghambat keseimbangan asam di dalam tubuh. Ketika kamu meniup makanan panas, maka tubuh akan melepaskan karbondioksida (CO2). Karbondioksida ini akan bereaksi dengan uap air dalam makanan.

Hal ini akan menghasilkan asam karbonat (H2CO3) yang dapat menyebabkan keasaman pada makanan meningkat. Apabila hal ini terus terjadi, maka asam karbonat dalam tubuh semakin banyak. Sehingga akan berisiko mengganggu keseimbangan di dalam tubuh kamu.

Selanjutnya, alasan kedua yaitu meniup makanan bisa menyebabkan pindahnya mikroorganisme berbahaya di dalam mulut kemudian pindah ke makanan. Ada sebuah studi juga yang mengatakan jumlah mikroorganisme pada makanan yang tidak ditiup dengan makanan yang ditiup memiliki jumlah yang signifikan.

Pindahnya mikroorganisme dari mulut ke makanan juga akan membahayakan dan bisa menimbulkan penyakit. Misalnya, ketika makanan sudah terkontaminasi mikroorganisme lalu kamu berikan pada orang lain, misalnya anak-anak. Maka dapat berpotensi menyebabkan penyakit dapat meningkat.

Itulah dua alasan mengapa makanan panas tidak boleh ditiup. Maka, mulai saat ini biasakan untuk tidak meniup makanan. Kamu bisa menggunakan cara lain untuk mendinginkannya, misalnya menggunakan kipas. Jadi, jangan meniup makanan panas lagi ya, teman.

Baca juga:

Makanan Pembakar Lemak di Dalam Tubuh (Bagian 1)

Manfaat Soybean Oil Untuk Kesehatan

Mitos dan Fakta Tentang Skincare Organik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.