Ini Jamu Tradisional yang Bisa Tingkatkan Daya Imunitas

oleh -120 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON РDi tengah lonjakan kasus covid-19 ini, memiliki daya tahan tubuh adalah hal yang sangat penting untuk melindungi diri dari paparan virus. Banyak cara yang bisa kamu lakukan seperti makan makanan bergizi, tidur yang cukup, dan olahraga secara teratur. Kamu juga bisa  memenuhi kebutuhan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh misalnya dengan mengonsumsi jamu tradisional. Ada banyak jamu yang terbuat dari bahan-bahan alami yang memiliki manfaat tertentu. Kali ini kita akan membahas apa saja jamu tradisional yang bisa tingkatkan daya imunitas. (Tika)

1. Jamu beras kencur

Rempah beras kencur seringkali digunakan menjadi minuman tradisional yaitu jamu beras kencur. Jamu ini memiliki manfaat yaitu untuk meningkatkan daya imun, meningkatkan energi, dan meredakan batuk. Selain itu jamu beras kencur juga berguna untuk meningkatkan nafsu makan sehingga apabila memiliki nafsu makan yang baik kita akan lebih kuat dan terlindungi dari penyakit yang masuk ke tubuh.

2. Jamu brotowali

Walaupun jamu brotowali memiliki rasa yang pahit, namun jamu ini memiliki manfaat yang banyak. Brotowali memiliki kandungan zat fitokimia seperti flavonoid, alkaloid, vlafon glikosida, acton, sterol dan lignan. Dengan kadar yang cukup, jamu ini dapat bermanfaat untuk menjaga kadar gula di dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi beberapa masalah kulit. Namun perlu kamu ingat jangan mengonsumsi secara berlebihan karena dapat mengganggu fungsi hati dan ginjal.

3. Jamu Temulawak

Selanjutnya ada jamu temulawak yang sudah populer sejak zaman dahulu. Jamu ini bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, mengobati gangguan pencernaan, membantu metabolisme, serta mengatasi radang sendi. Apabila kamu sudah memiliki nafsu makan yang baik maka kamu akan lebih kuat melawan penyakit yang menyerang.

4. Jamu kunyit asam

Jamu kunyit asam adalah perpaduan antara kunyit dan asam. Minuman tradisional yang satu ini memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk meningkatkan daya imunitas atau kekebalan tubuh. Biasanya jamu ini digunakan untuk menetralisasi racun yang ada di dalam tubuh. Selain itu, jamu kunyit asam juga dapat membantu mengatasi pegal-pegal setelah bekerja atau kelelahan. Karena memiliki kandungan vitamin C, jamu kunyit asam juga membuat kulit menjadi tampak lebih cerah

Nah, itulah jamu tradisional yang dapat tingkatkan daya imunitas yang bisa kamu coba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *