Ini Penyebab Sering Lupa Tanpa Kamu Sadari

oleh -93 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah kamu pernah melupakan hal-hal kecil namun penting, misalnya lupa menaruh smartphone, lupa mematikan kompor, atau lupa memiliki utang kepada teman? Berapapun usia dan siapapun tentunya pasti pernah mengalami lupa. Selain faktor umur, ada juga beberapa faktor yang membuat lupa apalagi kalau di usia muda. Berikut ini penyebab sering lupa yang mungkin tidak kamu sadari. (tika)

1. Kurang tidur

Untuk kamu yang berusia belasan tahun, mungkin seringkali mengalami lupa. Misalnya lupa mengerjakan tugas, mungkin kamu mengalami satu penyebab ini. Coba perhatikan dan ingat ingat waktu tidur kamu, bisa saja kamu kurang waktu tidur karena mengerjakan tugas sampai larut malam. Kurangnya jam tidur dapat menyebabkan perubahan mood dan menurunkan kemampuan konsentrasi. Hal ini membuat kamu menjadi pelupa.

2. Pola makan buruk

Selanjutnya, faktor yang bisa menyebabkan sering lupa adalah asupan makanan kamu ke dalam tubuh yang tidak baik. Kurangnya asupan sejumlah nutrisi, seperti protein, omega 3, vitamin, dan mineral memengaruhi daya ingat. Nutrisi tersebut dapat berperan menjaga kesehatan saraf dan sel darah merah. Oleh karena itu, jaga pola makan yang baik dan bergizi ya.

3. Stres

Munculnya sifat sering lupa terhadap sesuatu bisa juga karena faktor stres dan kecemasan yang berlebihan. Beberapa gangguan kecemasan memang dapat menurunkan kemampuan berkonsentrasi yang dapat mengganggu daya ingat. Hal ini membuat orang yang mengalami stres terkadang sering lupa yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

4. Sering konsumsi obat-obatan tertentu

Penggunaan konsumsi obat-obatan tertentu dapat memengaruhi daya ingat yang dapat menurun. Melansir dari alodokter, ada beberapa obat yang dapat menyebabkan efek samping mudah lupa, antara lain obat tidur, obat pereda nyeri golongan opioid, obat antidepresan, antihistamin, dan obat penenang.

Nah, itulah beberapa penyebab sering lupa yang mungkin dari sekarang bisa kamu ubah.

Baca juga:

Manfaat Kulit Kentang Untuk Kesehatan

Manfaat Alpukat Untuk Kecantikan

Jenis Ikan Lokal yang Kaya Vitamin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *