Jenis Ikan Lokal yang Kaya Vitamin

oleh -120 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – ikan ikan termasuk sumber protein yang harus kamu konsumsi untuk mencukupi kebutuhan gizi. Seringkali ikan salmon direkomendasikan oleh banyak ahli gizi karena mengandung nutrisi yang tinggi. Sayangnya ikan salmon memiliki harga yang cukup mahal apalagi yang diimpor dari luar negeri. Namun kamu jangan khawatir karena ada banyak jenis ikan lokal yang tak kalah banyak vitaminnya.  Berikut ini jenis ikan lokal yang kaya vitamin yang bisa kamu konsumsi. (tika)

1. Ikan lele

Pasti kamu tahu ikan lele, kan? Ikan lele mudah kita jumpai di pasar tradisional. Ikan memiliki kaya akan kandungan nutrisi mulai dari protein, kalsium, fosfor, magnesium, seng dan berbagai vitamin. Tak hanya itu, ikan lele juga mengandung asam lemak omega 3. Dalam satu ekor lele, terdapat 220 mg omega 3. Harganya pun terjangkau, ikan lele dibanderol sekitar rp 25 ribuan per kilogramnya.

2. Ikan kembung

Selanjutnya ada ikan kembung yang mengandung asam lemak omega 3 dan DHA yang tinggi. Dalam 100 gr ikan kembung terdapat 2,2 gram omega 3. Bukan hanya itu saja, ikan kembung juga kaya akan vitamin A, B1, C, D, E, fosfor, kalsium, dan zat besi.

3. Ikan patin

Kamu bisa mengganti asupan ikan dori asal vietnam menjadi ikan patin yang tak kalah banyak vitaminnya. Ikan patin dengan ikan dori memiliki rasa dan tekstur yang mirip. Kandungan dalam ikan patin terdapat protein, lemak dan kaya akan omega 3. Dari segi harga, ikan patin juga memiliki harga yanh terjangkau dan aman dari bahan pengawet.

4. Ikan tongkol

Ikan tongkol adalah salah satu ikan yang di kembangkan di samudera pasifik termasuk perairan Indonesia. Kamu mudah menemukan ikan ini di pasar tradisional. Ikan tongkol juga banyak mengandung nutrisi, seperti protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Selain itu, ikan tongkol juga mengandung niacin dan omega 3 yang baik untuk kesehatan otak.

5. Ikan teri

Pasti tidak asing kan mendengar ikan yang satu ini? Ikan teri populer di olah menjadi ikan asin yang lezat. Ikan teri mengandung omega 3, protein, kalsium, vitamin K, magnesium dan fosfor. Untuk anak-anak sebaiknya pilih ikan teri yang belum diasini untuk mencegah garam berlebih. Dari segi harga, ikan teri memiliki harga yang terjangkau dan mudah kamu temukan.

Nah itulah ikan lokal yang tak kalah manfaatnya dibanding ikan impor lain. Jadi mana ikan yang kamu suka?

Baca juga:

Mengapa Saat Lapar Menjadi Emosional?

Ini Kesalahan yang Bikin Cepat Lapar

Lebih Sehat Mana Putih Telur atau Kuning Telur?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *