Jenis-Jenis Dongeng yang Muncul di Buku atau Film

oleh -89 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dongeng adalah salah satu cerita fiksi atau cerita yang tidak benar-benar terjadi. Namun, dongeng menarik dibaca, ditonton, atau disimak, teman-teman. (cva)

Sebab, cerita-cerita tersebut biasanya berisi cerita-cerita imajinatif yang dapat membawa khayalanmu akan mengikuti cerita. Bahkan akan terbawa dalam masa lalu sesuai dengan ceritanya. Selain menghibur, teman-teman juga bisa mengambil pelajaran kehidupan dari tokohnya.

Tapi tahu tidak? Ternyata dongeng banyak jenisnya, lho! Yuk, cari tahu apa saja macam-macamnya.

1. Mitos

Mitos yaitu berisi tentang dewa-dewa dan makhluk halus. Contohnya, Nyi Roro Kidul.

2. Legenda

Legenda adalah cerita lama yang mengisahkan tentang asal-usul terjadinya suatu tempat. Contohnya, Tangkuban Perahu

3. Fabel

Fabel yaitu cerita singkat yang berisi ajaran moral dengan tokoh binatang yang bersifat seperti manusia. Contohnya, Si Kancil.

4. Hikayat

Hikayat adalah cerita karangan sastra melayu yang menceritakan kepahlawanan dan keagungan. Contohnya, Hikayat Abu Nawas.

5. Sage

Sage adalah cerita lama berdasarkan peristiwa sejarah yang sudah bercampur dengan fantasi masyarakat. Menceritakan tentang kesaktian dan keajaiban seseorang. Contohnya, Calon Arang.

6. Parabel

Parabel adalah cerita karangan yang dibuat untuk menyampaikan ajaran agama, moral, atau kebenaran dengan menggunakan perbandingan. Contohnya, Malin Kundang.

Nah, itu dia tadi penjelasan singkat mengenai jenis-jenis dongeng yang ada. Semoga setelah membaca tulisan ini, kamu jadi mengerti, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *