Katarsis! Definisi dan Cara Melakukannya

oleh -108 views
Katarsis

ZETIZEN RADAR CIREBON – Istilah itu sendiri berasal dari bahasa Yunani katharsis yang berarti “pemurnian” atau “pembersihan.” Istilah ini di gunakan dalam terapi serta dalam literatur. Pahlawan novel mungkin mengalami katarsis emosional yang mengarah pada semacam pemulihan atau pembaruan. Tujuan dari katarsis adalah untuk membawa beberapa bentuk perubahan positif dalam kehidupan individu. (herdi)

Katarsis melibatkan komponen emosional yang kuat di mana perasaan yang kuat di rasakan dan di ungkapkan, serta komponen kognitif di mana individu memperoleh wawasan baru.

Marah, sedih, takut, dan kecewa merupakan bentuk emosi yang normal di alami oleh setiap manusia. Meski normal, emosi tersebut sebaiknya di salurkan agar tidak menumpuk di dalam batin. Namun, di perlukan cara yang tepat untuk melampiaskan emosi. Salah satunya adalah dengan katarsis.

Bila tidak di salurkan dengan baik, emosi dapat memperparah masalah yang sedang di hadapi atau menimbulkan masalah baru. Bahkan, tak jarang emosi yang tidak tersalurkan menyebabkan stres atau depresi.

Tidak Semua Katarsis Baik

Suatu kegiatan katarsis di katakan buruk jika merugikan diri sendiri atau merugikan orang lain. Katarsis juga bisa di katakan buruk jika di lakukan berlebihan. Pernahkah kamu menemui seseorang yang merasa lega setelah berkata kasar di media sosial jika sedang marah? Atau, ada pula temanmu yang jika kecewa mengunci diri dan memilih untuk menangis beberapa hari dengan durasi yang lama? Ada juga orang yang melakukannya dengan cara mengendarai kendaraan hingga 120km / jam, melampiaskan emosinya dengan menekan pedal gas sekecang-kencangnya.

Jika kamu memiliki atau menemui orang sekitar yang seperti itu, maka itu semua merupakan salah satu contohnya yang buruk. Katarsis buruk yang terus menerus di lakukan, bisa membahayakan hidup seseorang. Selain itu, katarsis yang buruk juga tidak begitu melegakan emosi, hanya mengalihkan. Tidak sedikit yang akhirnya berhujung pada gangguan seperti kecemasan dan depresi.

Ingatlah!

Menangis tanda bersedih bukan hal yang memalukan. Bersorak riang tanda hati sedang bergembira juga bukan hal yang salah. Tentu saja, jika itu semua di lakukan secara bijak dan tidak berlebihan. Sudah semestinya kamu sebagai orang sekitar, membantu mereka agar bisa melakukan katarsis dengan cara yang baik.

Cara Melakukan Katarsis

  • Berolahraga, Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Aktivitas ini dapat memicu pelepasan berbagai hormon di otak, seperti endorfin, serotonin, dan dopamin. Hormon-hormon tersebut berfungsi untuk menimbulkan rasa tenang, mengatasi stres, memperbaiki mood, hingga mengurangi nyeri.
  • Bernyanyi, Mendengarkan lagu dan bernyanyi merupakan salah satu cara untuk melepas rasa jenuh dan penat serta melupakan sejenak masalah yang ada. Apalagi bagi kamu yang suka music bergenre keras seperti rock.
  • Curhat dengan orang terpercaya, Orang yang kesepian lebih rentan terkena berbagai masalah kesehatan, mulai dari penyakit jantung, stroke, hingga depresi. Curhat merupakan bentuk katarsis yang sangat mudah untuk dilakukan dan terbukti baik untuk kesehatan mental.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *