Kebiasaan Sepele yang Bikin Boros

oleh -146 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah kamu merasa kesulitan untuk mengatur uang bulanan? Seringkali kebutuhan yang ingin kamu beli justru tidak bisa tercukupi karena uang lebih cepat habis oleh hal-hal yang kurang penting. Ketika kamu merasa uang terlalu cepat habis bisa saja kamu mengalami beberapa kebiasaan boros. Nah, kali ini kita akan bahas apa saja kebiasaan sepele yang bikin boros yang mungkin tidak kamu sadari. (Tika)

1. Tidak membuat perencanaan keuangan

Hayo di sini siapa yang masih melewatkan untuk menulis perencanaan keuangan? Walaupun terlihat sepele, namun masih banyak yang melewatkan kebiasaan yang satu ini. Menulis perencanaan keuangan termasuk hal yang penting lho. Hal ini agar memudahkan berapa banyak pemasukan, pengeluaran, wish list atau hal lain yang nanti bisa kamu evaluasi untuk menjadi lebih baik.

2. Sering lihat e-commerce

Setiap hari apalagi saat ini sedang di rumaj saja, melihat online shop adalah hal yang bisa mencuci mata dan menyenangkan. Apalagi kalau melihat harga diskon secara besar besaran. Seringkali justru kita membeli sesuatu bukan hal yang kita butuhkan namun karena tergiur dengan harga yang sangat murah. Kebiasaan melihat online shop sebaiknya kamu kurangi untuk menghemat. Bukalah ecommerce kalau kamu sedang membutuhkan suatu barang.

3. Kebiasaan jajan

Memiliki kebiasaan jajan walaupun sedikit demi sedikit tanpa kamu sadari itu bisa membuat kamu boros lho. Walaupun kamu punya budget untuk makan harian namun sebaiknya kamu membeli makanan yang memang mengenyangkan dan bukan hanya lapar mata saja. Ketika kamu lebih sering jajan diluar dan secara berlebihan keuangan kamu bisa membengkak tanpa sadar. Nah sebaiknya kamu hindari mulai dari sekarang.

4. Tidak bisa menolak ajakan

Kebiasaan sepele lainnya yang bisa bikin kantong kamu bolong adalah tidak bisa menolak ajakan dari teman-teman. Misalnya teman-teman mengajak kamu ke kafe untuk mengopi padahal kamu sedang menghemat. Kamu merasa tidak enak apabila menolak ajakan teman-teman. Namun yang perlu kamu ingat, kamu tidak bisa menyenangkan semua orang jadi kamu tahu prioritas mana yang harus kamu pilih.

5. Membeli barang kualitas rendah

Kebiasaan selanjutnya yang tanpa kamu sadari adalah membeli barang dengan kualitas rendah dengan harga murah. Pilihlah suatu barang yang memiliki harga yang lebih tinggi dengan kualitas bagus. Hal ini biasanya barang dengan kualitas tinggi lebih awet dan tahan lama daripada yang memiliki kualitas rendah. Jadi kamu tidak perlu membeli beberapa kali, kamu cukup membeli barang satu tetapi terpakai lama.

Nah, itulah beberapa kebiasaan sepele yang bikin kamu boros tanpa kamu sadari. Mulai sekarang hindarilah kebiasaan tersebut dan mulai menata keuangan agar menata masa depan yang lebih baik.

Baca juga:

Manfaat Lilin Aromaterapi Bagi Kesehatan

Rekomendasi Snacks Rendah Kalori

Alasan Perlu Beralih ke Skincare dan Makeup Lokal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.