, ,

Kenali Ragam Awan Sedang yang Kerap Kamu Lihat

oleh -274 views

Zetizen Radar Cirebon – Kita tentunya sering menjumpai beragam bentuk awan yang berada di langit. Tahukah kamu? Rupanya ragam awan tersebut terklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan ketinggian dan juga bentuknya, loh! Ada ragam awan menengah/sedang, nih! (Susan)

Di samping itu, ternyata pengelompokan jenis-jenisnya terbagi menjadi 4 golongan berdasarkan ketinggiannya. Yakni awan rendah, awan sedang, awan tinggi, dan awan vertikal.

Berikut adalah bentuk klasifikasi ragam awan menengah/sedang, ada awan apa saja ya? Mari simak pembahasan berikut!

• Awan Sedang

Awan sedang atau awan menengah. Merupakan kelompok awan yang terbentuk menjadi awan seutuhnya ketika berada pada kawasan dengan iklim sedang di ketinggian 2-7 km atau di kawasan dengan iklim tropis pada ketinggian 2-8 km di atas permukaan air laut. Awan ini terbagi menjadi dua jenis awan, yakni Awan Altostratus dan Awan Altokumulus.

1. Awan Altostratus

Awan Altostratus
Awan Altostratus

Dengan dominasi warna abu-abu atau biru keabu-abuan yang memiliki persebaran merata atau secara keseluruhan. Potensi hujan yang ditimbulkan pada awan ini mulai dari gerimis, hujan ringan hingga sedang di kawasan iklim tropis. Sedangkan untuk kawasan iklim sedang dapat menimbulkan salju yang cukup dalam rentang waktu cukup lama.
Potensi hujan tersebut terjadi apabila kadar air yang terdapat pada awan tersebut terakumulasi cukup tebal.
Uniknya, awan ini terbentuk pada waktu senja dan malam hari. Kemudian baru akan menghilang ketika pagi hari saat matahari hendak terbit.

2. Awan Altokumulus

Awan Altokumulus
Awan Altokumulus

Tak heran banyak orang yang menyukai awan ini, karena bentuknya yang cantik dan memikat. Ragam awan sedang ini memiliki bentuk yang seragam dalam jumlah yang cukup banyak di langit. Dalam beberapa kejadian, akibat banyaknya awan ini menciptakan pemandangan yang spektakuler akibat formasinya yang menakjubkan.
Umumnya awan ini berwarna putih cerah maupun abu-abu dengan bentuk seperti bola-bola kapas kecil yang cukup tebal.
Awan ini tidak menimbulkan potensi hujan.
Altokumulus terklasifikasikan lagi menjadi 4 jenis. Yakni Altokumulus Undulatus, Altokumulus Mackerel Sky, Altokumulus Castellanus, dan Altokumulus Lentikular.

Baca juga : Mengenal Tentang Kanan dan Otak Kiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.