,

Kenali Ragam Awan Vertikal yang Kerap Kamu Lihat

oleh -72 views

Zetizen Radar Cirebon – Kita tentunya sering menjumpai beragam bentuk awan yang berada di langit. Tahukah kamu? Rupanya ragam awan tersebut terklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan ketinggian dan juga bentuknya, loh! (Susan)

Di samping itu, ternyata pengelompokan jenis-jenisnya terbagi menjadi 4 golongan berdasarkan ketinggiannya. Yakni awan rendah, awan sedang, awan tinggi, dan awan vertikal.

Berikut adalah bentuk klasifikasi ragam awan vertikal, ada awan apa saja ya? Mari simak pembahasan berikut!

• Awan Vertikal

Sesuai namanya, awan ini berbentuk vertikal atau tegak lurus. Pada keadaan cuaca yang cerah dan langitnya berwarna biru serta bersih, keindahan awan vertikal ini tidak diragukan lagi. Tentunya akan menciptakan pemandangan yang spektakuler dan memanjakan mata. Awan vertikal terbagi menjadi dua, yakni Awan Kumulus dan Awan Kumulonimbus.

1. Awan Kumulus

Awan Kumulus
Awan Kumulus

Merupakan jenis awan yang tumbuh secara vertikal ke atas. Bentuknya mirip dengan kembang kol yang bergerombol. Apabila awan ini terkena sinar matahari, maka awan ini akan terlihat bercahaya di salah satu sisinya, sementara di sisi yang lain akan tampak kelabu. Sehingga warna yang dihasilkan oleh awan ini sangat cantik, gradasi warna inilah yang membuat sejuk mata memandang.

2. Awan Kumulonimbus

Awan Kumulonimbus
Awan Kumulonimbus

Jika kalian pernah menonton film petualangan bergenre drama-komedi berjudul ‘up’ yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan yang dirilis oleh Walt Disney Pictures, tentunya tak akan asing lagi dengan awan ini.

Adegan di mana seorang lelaki tua bernama Carl Fredricksen yang mencoba terbang bersama rumahnya menggunakan balon helium untuk mencapai air terjun Paradise Falls yang mengalami mimpi buruk dalam penerbangannya bersama seorang penjelajah hutan muda bernama Russell ketika berhadapan dengan Awan Kumulonimbus di perjalanannya. Sebuah badai yang amat dahsyat bukan? Tentunya sudah punya gambaran bila kita telah menonton film tersebut.

Awan ini merupakan awan yang menjulang dengan sangat tinggi, padat dan bersangkut paut dengan cuaca dingin maupun badai petir. Jenis awan ini memiliki ketebalan serta volume yang besar sehingga memiliki bentuk seperti gunung atau menara yang besar.
Pada dunia penerbangan, awan inilah yang membawa kekhawatiran bagi para pilot. Pasalnya pada awan ini sering sekali menghasilkan petir, hujan deras maupun badai yang dapat mengancam keselamatan penerbangan.

Adegan dalam film up saat bertemu awan kumulonimbus

Baca juga : Toxic Positivity Dan Cara Menghindarinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.